Mata kuliah ini memberikan pengalaman dan pendalaman metode perancangan promosi digital, mencari solusi kreatif, dan mengembangkan konsep pendekatan media digital sebagai wahana dengan berdasarkan pada suatu kebutuhan komunikasi dan persuasi dalam suatu perancangan komunikasi visual. Lebih dalam lagi, mata kuliah ini memberikan pengalaman agar mahasiswa menguasai sistem digital media yang efektif, interaktif dan taktis dalam mendukung suatu pesan melalui web design untuk kepentingan sosial atau komersial. Ruang lingkup dalam mata kuliah ini mencakup teori dan pengetahuan serta wawasan promosi digital yang meliputi dua bagian besar, yaitu: bagian pertama adalah materi mengenai latar belakang dan berbagai teori, bagian kedua adalah materi mengenai perkembangan media. Selanjutnya, mata kuliah berisi keterampilan dalam merancang media promosi dalam bentuk digital, beserta aplikasinya. Penekanan perkuliahan ini pada perancangan desain media promosi dengan menerapkan prinsip desain, serta strategi promosi digital untuk berbagai tujuan pemasaran produk maupun jasa. Perkuliahan disampaikan melalui pendekatan direct instruction dengan strategi teori dan praktek.