Mata kuliah Keterampilan Dasar Konseling (KDK) merupakan fondasi penting dalam pendidikan profesi Bimbingan dan Konseling. Mata kuliah ini membahas secara komprehensif mengenai konsep konseling sebagai suatu proses hubungan interpersonal yang terstruktur dan berorientasi bantuan. Mahasiswa akan mempelajari karakteristik konselor yang efektif, serta memahami peran strategis konselor dalam membangun hubungan profesional yang empatik, autentik, dan suportif melalui keterampilan dasar konseling.
Fokus utama pembelajaran mencakup penguasaan keterampilan dasar konseling (KDK), seperti keterampilan attending (menyimak aktif secara verbal dan nonverbal), listening (klarifikasi, parafrase, refleksi, dan rangkuman), serta respon tindakan (probing, pemberian informasi, konfrontasi, interpretasi). Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari kondisi fasilitatif dalam hubungan konseling berdasarkan teori Carl Rogers, Truax & Carkhuff, dan Tyler, yang meliputi empati, kehangatan (warmth), kongruensi, dan penghargaan positif tanpa syarat (unconditional positive regard).
Pembelajaran juga akan mengeksplorasi keterampilan menetapkan batasan konseling melalui penggunaan teknik structuring, serta pengelolaan reluktansi dan resistansi konseli secara profesional. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan Case Study, di mana mahasiswa secara aktif mengembangkan dan menerapkan keterampilan dasar konseling melalui proyek-proyek praktik yang mencerminkan situasi konseling nyata.