Pembahasan tentang keterkaitan fungsional antara substansi ilmu bahasa Mandarin dengan pembelajarannya, pemilihan materi bahasa Mandarin sesuai dengan kurikulum dan alokasi waktu, perencanaan pembelajaran bahasa Mandarin yang kontekstual, prinsip-prinsip dasar pembelajaran bahasa Mandarin yang mendidik berbagai model skenario pembelajaran yang mempertimbangkan karakteristik peserta didik, penganalisisan kesulitan belajar bahasa Mandarin yang dihadapi peserta didik, instrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran bahasa Mandarin yang mengacu pada proses belajar mengajar dan kompetensi yang akan dicapai kemudian secara konkrit diamplikasikan kedalam latihan penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh rencana pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengenmbangan perangkat pembelajran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar. kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi