Mata kuliah Teori dan Praktik Supervisi Pendidikandirancang untuk mengintegrasikan teori dengan aplikasi praktis dalam supervisi pendidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahirkan mahasiswa dalam mengabstraksikan konsep teoritis dan berinovasi dalam penerapan pendekatan, teknik, model, serta pengembangan supervisi pendidikan melalui studi literatur dan riset yang komprehensif. Mahasiswa akan mempelajari metode pengajaran interaktif, diskusi kritis, penelitian lapangan, dan proyek pengembangan, serta keterlibatan aktif dalam menganalisis fenomena pelaksanaan supervisi pendidikan dan inovasi berbasis teknologi informasi. Melalui pendekatan project-based learning, cooperative learning, dan self-directed learning, mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan research gap, baik theoretical gap maupun practical gap, terkait dinamika dan pengembangan inovasi supervisi pendidikan berbasis digital. Luaran dari mata kuliah ini adalah kemampuan mahasiswa dalam menerapkan keterampilan praktis supervisi pendidikan secara profesional melalui simulasi berkelompok, serta menghasilkan output berupa book chapter dan rancangan/proposal penelitian tentang inovasi dan praktik supervisi pendidikan, yang akan dipresentasikan dalam seminar.