Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar manajemen perkantoran, prinsip, struktur, pengertian sekretaris, dan kesekretarisan serta menganalisis deskripsi pekerjaan pada organisasi perkantoran, sistem perkantoran, komunikasi perkantoran, manajemen kearsipan, pengawasan administrasi perkantoran, kontrol produktivitas, layout perkantoran, dan lingkungan perkantoran
CPMK
- Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan sekretaris atau karyawan di bidang administrasi perkantoran secara mandiri dan berkelompok
- Mampu mengaplikasikan dan menganalisis ilmu administrasi perkantoran dalam program pendidikan administrasi perkantoran
- Mampu menentukan keputusan secara tepat dalam menyelesaikan permasalahan di bidang administrasi perkantoran
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada sekretaris atau karyawan yang berada di bawah tanggung jawabnya
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya sebagai sekretaris atau karyawan dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri