Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat sesuai dengan ruang lingkup bidang pendidikan nonformal dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Upaya pemberdayaan dilakukan dengan mengembangkan hubungan dan relasi sosial dalam masyarakat, memahami dan menganalisis potensi yang dapat dikembangkan, mengidentifikasi perubahan masyarakat dan kaitannya dengan pentingnya upaya pemberdayaan, strategi pemberdayaan, landasan konseptual, tahapan, dan praktik pemberdayaan dalam kelompok masyarakat yang partisipatif. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diberikan materi kuliah sebagai berikut: Pendekatan dalam Pengembangan Masyarakat, Pembangunan Kesejahteraan Sosial, Pembangunan Masyarakat, Pengembangan Masyarakat, Ekologi dan Keadilan Sosial, Visi Pengembangan Masyarakat, Pendidikan Nonformal sebagai strategi dalam praktik pemberdayaan masyarakat, perencanaan dan evaluasi pembangunan berbasis masyarakat, pengelolaan sumber daya berbasis masyarakat, perencanaan program, model-model pemberdayaan, pendampingan sosial, pendekatan dan teknik-teknik partisipatoris. Strategi pembelajaran dalam perkuliahan adalah diskusi, tanya jawab, ceramah, praktik, dan mini riset.
Matakuliah ini juga Mengemukakan dan mengkaji berbagai teori dan pendekatan teoritis tentang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, menelaah konsep, teori dan filosofi pemberdayaan, latar belakang, tujuan dan manfaat pemberdayaan, serta berbagai metode dan strategi pendampingan kepada masyarakat, mampu membuat perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi program dan model pemberdayaan masyarakat.Indikator keberhasilan mata kuliah ini mahasiswa mampu mengemukakan dan mengkaji berbagai teori dan pendekatan teoritis tentang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
CPMK
- 1. Mampu mengorganisasikan kegiatan dalam melaksanakan kebijakan publik dan mengikat kinerja pelayanan publik.
- 2. Menguasai konsep teoritis manajemen sektor publik untuk mewujudkan nilai-nilai tata kelola pemerintahan yang baik
- 3. Mampu mengelaborasi konsep, teori dan strategi pemberdayaan masyarakat secara mandiri dan bertanggung jawab
- 4. Mampu menganalisis potensi dan identifikasi kebutuhan pemberdayaan pada suatu kelompok masyarakat atau komunitas
- 5. Mampu mendeskripsikan pendekatan andragogi dalam melakukan pengorganisasian masyarakat dan dalam kegiatan pemberdayaan