Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan IPS
Universitas Negeri Surabaya
Analisis hubungan antara evaluasi kurikulum yang sedang berjalan dan tracer study adalah langkah krusial yang dilakukan oleh program studi S2 PIPS. Evaluasi kurikulum dilaksanakan setiap tahun. Tracer study dilaksanakan pada 1 tahun setelah mahasiswa lulus. Evaluasi kurikulum dan tracer study dilaksanakan untuk memastikan bahwa program studi S2 PIPS mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja dan mampu beradaptasi dengan kebutuhan dunia industri, dunia usaha, dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Integrasi antara evaluasi kurikulum dan tracer study memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan kurikulum yang responsif dan relevan, serta mendorong peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Berdasarkan analisis hasil tracer study 49 responden (lulusan angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021) diperoleh informasi sebagai berikut. (1) Lulusan tepat waktu 30.61% dan IPK rata-rata 3.85. Kelulusan tepat waktu yang masih rendah disebabkan oleh aturan bahwa publikasi di semester 3 harus sesuai dengan tema tesis ; (2) Kepuasan lulusan dari mahasiswa fresh graduate terhadap CPL-CPMK-Matakuliah mencapai 98,5% menyatakan puas dengan alasan kesesuaian antara kurikulum prodi dengan implementasi kurikuum persekolahan. Kepuasan luusan dari guru dalam jabatan 96,9% menyatakan puas dengan alasan kurikulum prodi mendukung pengembangan keprofesionalan berkelanjutan ; (3) Lulusan dari mahasiswa fresh graduate menyatakan 89.8% bahwa masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan.
Pengembangan kurikulum prodi secara holisitik dan mengintegrasikan tuntutan kebutuhan masyarakat, dunia industri, dunia kerja yang senantiasa berkembang dapat disimpulkan bahwa kurikulum prodi responsif, akomodatif, dan efektif.Beberapa aspek yang menjadi pertimbangan utama pengembangan kurikulum program studi meliputi:
Kebutuhan dan Daya Saing Kerja
Kurikulum program studi dirancang dengan memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan yang terus berkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.
Penyediaan Sumber Daya Manusia Terampil
Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukung perkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.
Perkembangan Industri dan Kewirausahaan
Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industri dan kecenderungan terbaru dalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusan akan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.
Penerapan Metode Pembelajaran Sistem Ganda (Dual System):
Kurikulum program studi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan mahasiswa dengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.