Mata kuliah ini membahas konsep, jenis, prinsip dasar, serta praktik pengembangan instrumen non tes dalam bimbingan dan konseling yang meliputi observasi, wawancara, angket, autobiografi, sosiometri, dan instrumen khas BK seperti DCM, AUM. Mahasiswa tidak hanya mempelajari kajian teoritis, tetapi juga dilatihkan keterampilan dalam merancang, mengadministrasikan, serta menganalisis hasil instrumen non tes untuk kepentingan layanan bimbingan dan konseling. Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), mata kuliah ini mendukung SDG 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera) melalui pemanfaatan instrumen non tes dalam upaya memahami kondisi psikologis dan kesejahteraan mental peserta didik. Selain itu, mata kuliah ini juga berkontribusi pada SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dengan menyiapkan mahasiswa agar mampu meningkatkan mutu layanan pendidikan melalui asesmen non tes yang akurat, sistematis, dan beretika.