Pengkajian dan pemahaman tentang pengertian, landasan, tujuan, aspek-aspek pengembangan diri anak berkebutuhan khusus (efikasi diri, harga diri, kepribadian, kognitif, sosio-emosi, psikososial, perilaku, moral, karakter, konsep diri, komunikasi, motivasi intrinsik, kemadirian, self regulated, problem solving, kreativitas, life skill, self care, activities of daily living dan pengembangan diri ABK lainnya) dan teori yang mendasari pengembangan diri ABK, kaitan multiple intelligences dengan pengembangan diri ABK, metode pengembangan diri ABK, asesmen dan program pengembangan diri ABK (meliputi: aspek yang akan dikembangkan, tujuan, media, bahan, alat, waktu, tempat, langkah-langkah, evaluasi, tindak lanjut), program khusus bagi ABK (anak tunanetra, tunarungu wicara, tunagrahita, tunadaksa, autis, dan anak berkebutuhan khusus lainnya), evaluasi program pengembangan diri anak berkebutuhan khusus, implementasi teori yang berkaitan dengan pengembangan diri ABK dalam praktek pembelajaran dan penelitian tentang ABK. Perkuliahan dilaksanakan dengan model pembelajaran project based learning