Matakuliah ini mengkaji hakekat filsafat dan filsafat pendidikan bagi pembelajaran anak berkebutuhan khusus, konsep ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam pendidikan, implementasi aliran filsafat bagi pendidikan anak berkebutuhan khusus. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat filsafat pendidikan, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak berkebutuhan khusus dalam mengimplementasikan pemikiran para filsuf pendidikan. Implementasi implikasi pemikiran filsuf pada strategi, teknik penyampaian dan penilaian pembelajaran anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pemikiran Kihajar Dewantara untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran anak berkebutuhan khusus.