Matakuliah ini merupakan matakuliah keahlian pilihan bagi mahasiswa program studi S2 Pendidikan Matematika dan bersifat self-inovative study. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memiliki pemahaman dalam melakukan analisas-sintesa terhadap permasalahan dan/atau problematika dalam pembelajaran matematika. Solusi inovatif dari permasalahan dan/atau problematika dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan kualitas topik yang diangkat dalam penyusunan tesis master. Solusi inovatif tersebut meliputi minimal dua komponen dari komponen: struktur dan kedalaman bahan ajar, pembelajaran, assesmen dan evaluasi, media pembelajaran, maupun pengembangan perangkat pembelajaran. Materi perkuliahan meliputi pentingnya pengertian inovasi, pentingnya inovasi dalam bidang pendidikan matematika, melakukan kajian terhadap problematika dalam pendidikan matematika, inovasi yang bereputasi dan feasible dilakukan untuk menyelesaikan problematika pendidikan matematika, serta pengembangan inovasi baru di bidang pendidikan matematika. Pendekatan pembelajaran
= YF INOVASI PEMB pada PEND MAT S2 RPS 2018-2019 = Page 2
menggunakan pendekatan konstruktivisme dan mendisain difusi setiap aspeknya. Metode pembelajaran yang digunakan adalah gabungan dari problem-based learning, inkuiri, diskusi, penugasan dan presentasi