•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Fisioterapi Unesa

 
Program Studi  :  S1 Fisioterapi
Tanggal Berdiri  :  29 April 2024
Koordinator Program Studi  :  dr. Rizky Patria Nevangga, M.Or.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Fisioterapi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menghasilkan Sarjana Fisioterapi yang kompeten, tangguh, adaptif, dan inovatif berbasis kewirausahaan yang unggul dalam bidang olahraga prestasi, olahraga rekreasi, dan disabilitas di tingkat internasional pada tahun 2044.
Tujuan
  1. Menghasilkan sarjana yang kompeten, tangguh, adaptif, dan inovatif berbasis kewirausahaan pada bidang olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas.
  2. Menghasilkan penelitian sebagai pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kesehatan masyarakat yang unggul pada bidang olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas.
  3. Menghasilkan dan menerapkan pengabdian kepada masyarakat terkait fisioterapi bidang olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas.
  4. Menghasilkan dan menyelenggarakan kerja sama dengan lembaga baik dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan IPTEKS fisioterapi di bidang olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkarakter kompeten, tangguh, adaptif, inovatif dan berbasis kewirausahaan yang unggul pada fisioterapi bidang olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian sebagai pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kesehatan masyarakat yang unggul pada fisioterapi bidang olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bagi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat khususnya terkait fisioterapi pada bidang olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas.
  4. Mewujudkan kerjasama dengan lembaga baik dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan IPTEKS fisioterapi di bidang olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas.

Nilai_dasar
  1. Kompeten : Sarjana Fisioterapi memiliki kecakapan terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Tangguh : Sarjana Fisioterapi mampu menghadapi berbagai tantangan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Adaptif : Sarjana Fisioterapi mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Inovatif : Sarjana Fisioterapi memiliki lulusan yang mempunyai kemampuan dalam berpikir untuk menciptakan pengetahuan dan teknologi baru.
  5. Kewirausahaan : Mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya yang ada dalam bidang fisioterapi
  6. Olahraga Rekreasi atau Olahraga Masyarakat : Olahraga yang dilakukan oleh masyarakat berdasarkan kegemaran dan kemampuan yang dilakukan secara terus-menerus untuk kesehatan, kebugaran, dan kegembiraan.
  7. Olahraga Prestasi Olahraga yang membina dan mengambangkan Olahragawan secara terencana, sistematis, terpadu, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi Keolahragaan.
  8. Unggul Dalam Bidang Olahraga Prestasi Sarjana Fisioterapi memiliki kompetensi tambahan pada tindakan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bidang fisioterapi olahraga prestasi.
  9. Unggul Dalam Bidang Olahraga Rekreasi Sarjana Fisioterapi memiliki kompetensi tambahan pada promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bidang fisioterapi olahraga rekreasi di masyarakat.
  10. Unggul Dalam Bidang Disabilitas Sarjana Fisioterapi memiliki kompetensi tambahan pada promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bidang fisioterapi disabilitas fisik dan intelektual di masyarakat.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Fisioterapi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri pelayanan kesehatan khususnya pelayanan fisioterapi yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggung jawabnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Menguasai konsep teoritis tentang biomekanik dan teknologi sumber fisis, serta memformulasikan penyelesaian masalah pada tubuh manusia yang berkaitan dengan pelayanan fisioterapi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Menguasai konsep teoritis dalam IPTEK, psikososial, yang berhubungan dengan fungsi dan gerak sebagai dasar dalam pelayanan fisioterapi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Menguasai konsep teoritis pelaksanaan manajemen fisioterapi secara teori dan komprehensif pada muskuloskeletal, neuromuscular, kardiorespirasi, integumen, kesehatan reproduksi, pediatri, geriatri, olahraga dengan gerak dan fungsi sepanjang kehidupan manusia dengan menggunakan teknik fisioterapi yang dilakukan secara mandiri dan atau berkelompok
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Menguasai konsep teoritis fisioterapi olahraga sebagai implementasi keilmuan yang mendukung perkembangan bidang olahraga prestasi, olahraga rekreasi, dan disabilitas di masyarakat
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu melakukan interview, prosedur asesmen, observasi, tes fisioterapi, behavioral dan skoring tes Fisioterapi yang sesuai dengan prinsip diagnosis Fisioterapi dipakai di lapangan kerja serta diperbolehkan sesuai kode etik fisioterapi indonesia
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-14 Mampu memiliki sikap ilmiah dengan mengakses artikel jurnal ilmiah, buku, melakukan penelitian serta menghasilkan karya ilmiah dalam bidang fisioterapi
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-15 Mampu merencanakan dan mengembangkan karier dirinya sendiri (Career and Personal Development)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-16 Mampu melakukan evaluasi diri, mengelola penyuluhan secara mandiri, dapat secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dengan berbagai bentuk media kepada masyarakat
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-17 Mampu mengimplementasikan fisioterapi pada bidang kesehatan olahraga prestasi, olahraga rekreasi, dan disabilitas
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Fisioterapi
Universitas Negeri Surabaya
  • Penyuluh Layanan Fisioterapi

    Sarjana Fisioterapi yang mampu memberikan pendidikan, bimbingan, evaluasi dan informasi layanan Fisioterapi di masyarakat.

    Lulusan memiliki kemampuan memberikan saran yang berbasis bukti ilmiah mengenai kesehatan olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas kepada individu dan kelompok masyarakat.

  • Communicator

    Sarjana Fisioterapi yang menggunakan komunikasi efektif untuk mengembangkan hubungan profesional di masyarakat.

    Lulusan memiliki kemampuan melakukan interaksi dan komunikasi terapeutik sebagai bagian dari upaya promotif dan preventif gangguan kesehatan olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas.

  • Penata Promotor Kesehatan Bidang Fisioterapi

    Sarjana Fisioterapi yang memiliki kemampuan untuk merencanakan dan menata program promosi kesehatan di bidang fisioterapi pada pasien, keluarga dan masyarakat.

    Lulusan memiliki kemampuan untuk merencanakan dan memberikan solusi dari permasalahan disabilitas dan olahraga yang aman, profesional, etis, praktik fair play dan anti doping pada olahraga prestasi maupun rekreasi.

  • Manager Fisioterapi

    Sarjana Fisioterapi yang memiliki kemampuan fungsi manajemen mengelola waktu dan sumber daya dalam pelayanan fisioterapi.

    Lulusan memiliki kemampuan mengelola, memimpin, membuat keputusan dan menyelesaikan masalah terkait fisioterapi olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas dalam sebuah organisasi, komunitas atau instansi.

  • Peneliti Klinik

    Sarjana fisioterapi yang mampu melakukan penelitian pada bidang fisioterapi dalam kajian teoritik maupun praktik untuk mengembangkan pelayanan fisioterapi tepat guna berbasis bukti.

    Lulusan memiliki kemampuan memberikan solusi pemecahan masalah dan berkontribusi dalam penelitian bidang fisioterapi olahraga prestasi, olahraga rekreasi dan disabilitas yang dihadapi oleh masyarakat baik secara individu maupun kelompok (komunitas).


Struktur Kurikulum S1 Fisioterapi
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Fisioterapi 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00
1120203001 Anatomi I 3.00
1000002003 Bahasa Indonesia 2.00
1000002177 Bahasa Inggris 2.00
1120202008 Filsafat Ilmu Dan Logika Fisioterapi 2.00
1120202005 Fisika Kesehatan 2.00
1120203004 Fisiologi 3.00
1120202007 Ilmu Sosial Dan Budaya Kesehatan 2.00
1120202006 Psikologi Kesehatan 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Fisioterapi
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi Kurikulum Prodi S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya dilakukan dengan mengadakan Forum Group Discussion dengan mengundang stake holder yang dihadiri oleh Ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia Jawa Timur sekaligus sebagai Koligium Fisioterapi Indonesia. Forum Group Discussion ini dilakukan untuk membentuk kurikulum Prodi S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya. Selain itu Prodi S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya juga melakukan survey Animos kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA untuk melihat sejauh mana minat siswa-siswi SMA/SMK/MA untuk berkuliah di Prodi S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya. Kemudian untuk melihat hasil kurikulum yang sudah dibentuk, Prodi S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya melakukan Uji Publik dengan mengundang stake holder dari fisioterapis yang bekerja di Rumah Sakit dan fisioteraspis yang bekerja di Klinik Mandri. Uji Publik ini mendiskusikan terkait saran untuk perbaikan kurikulum Prodi S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya kedepannya.

 

 

Rekap CPL Program Studi S1 Fisioterapi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13CPL14CPL15CPL16CPL17
Fisika Kesehatan 2 100% 100 %
Anatomi I 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Fisiologi 3 100% 100 %
Psikologi Kesehatan 2 100% 100 %
Filsafat Ilmu dan Logika Fisioterapi 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Ilmu Sosial dan Budaya Kesehatan 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Fisioterapi
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Pengembangan Kurikulum

Filosofis

Pengembangan kurikulum S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya menganut filosofi eklektik, yaitu memperhatikan kelebihan dari landasan filosofi-filosofi yang sesuai untuk pencapaian visi Program Studi sebagai Program Studi yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan.

Sosiologis

Pengembangan kurikulum S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya berdasarkan Pancasila dan pengamalan nilai-nilai di dalamnya yang mengakomodasi kemajemukan budaya untuk memperkuat budaya nasional dan kearifan lokal yang menjadi ciri khas namun adaptif terhadap perkembangan global sehingga menghasilkan lulusan yang mampu berkolaborasi dan berkompetisi di level internasional.

Psikologis

Pengembangan kurikulum S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya menggunakan pendekatan heutagogy dan seamless learning yang di mana kebutuhan pembelajaran diatur secara mandiri dan diberikan tepat saat dibutuhkan sesuai dengan tahapan perkembangan psikologis mahasiswa sehingga menjadi pembelajar dewasa yang menjalankan prinsip pembelajaran sepanjang hayat

Historis

Perkembangan Fisioterapi di Indonesia pada tahun 1957 yang ditandai dengan berdirinya Sekolah Asisten Fisioterapi di Surakarta saat Agresi Militer Belanda. Pada tahun 1970, berdirilah Akademi Fisioterapi di Solo kemudian disusul pendirian di Ujungpandang tahun 1984 yang menghasilkan lulusan DIII. Seiring perkembangan ilmu fisioterapi, lahirlah program studi sarjana fisioterapi. Pengembangan kurikulum S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya memperhatikan kelebihan dan kekurangan seluruh kurikulum yang pernah disusun tersebut.

Yuridis

Pengembangan kurikulum S1 Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya mengacu pada undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku sebagai berikut:

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  3. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  4. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Kedokteran
  5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan
  7. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen
  8. Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Implementasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  9. Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  10. Permenristekdikti Nomor 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data
  11. Peraturan Presiden No. 04 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi
  12. Permendikbud No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
  13. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti)
  14. Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi
  15. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 65 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Fisioterapi
  16. SK Rektor No.3 tahun 2020 tentang pelaksanaan SPMI di Unesa
  17. SK Rektor No. 800/UN38/HK/KL/2023 tentang Penetapan Struktur Organisasi dan Uraian Jabatan Pelaksana Penjaminan Mutu Universitas Negeri Surabaya
  18. SK Rektor No. 249/UN38/HK/KP/2023 tentang Pengangkatan Jabatan Direktur Lembaga Penjaminan Mutu Unesa
  19. SK Dekan Fakultas Kedokteran UNESA Nomor B/1306/UN38.10/DT.04.00/2024 tentang Pembentukan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya Tahun 2024
  20. SK Rektor No 064 tahun 2020 tentang Penetapan IKU dan IKT Unesa
  21. Surat Edaran Rektor Nomor B/14466/UN38/TU.00.02/2023 tentang Pelaksanaaan Monev dan Audit Mutu Internal di Lingkungan Universitas Negeri Surabaya Tahun 2023
  22. Asosiasi Perguruan Tinggi Fisioterapi Indonesi (APTIFI) tahun 2022 tentang Kurikulum Pendidikan Fisioterapi Indonesia
  23. SK Dekan No B/11050/UN38.10/HK.02/2024 tentang Penetapan Visi Misi Fisioterapi
  24. SK Dekan No B/11054/UN38.10/PP.06/2024 tentang Kurikulum Fisioterapi
  25. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya
  26. Undang Undang No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas
  27. Permenkes Nomor HK.01.07/MENKES/1077/2024 Standar Kompetensi Fisioterapi