Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual Unesa
Program Studi | : | S1 Desain Komunikasi Visual |
Tanggal Berdiri | : | 14 Oktober 2014 |
Koordinator Program Studi | : | Marsudi, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Program Studi Penyelenggara Pendidikan Desain Komunikasi Visual Dalam Pengembangan Karya Desain Berbasis Kearifan Lokal dan Berwawasan Global Sesuai Dengan Perkembangan TeknologiMisi
- Menyelenggarakan pendidikan berkarakter yang akuntabel, efisien, efektif, transparan, dan mandiri.
- Mengembangkan penelitian bidang desain komunikasi visual berbasis kearifan lokal sesuaidengan perkembangan teknologi, untuk memberikan alternatif pemecahan masalah yang ada di masyarakat.
- Mengeksplorasi ide kreatif untuk menghasilkan karya desain komunikasi visual yang didasarkan pada kearifan lokal dengan memanfaatkan teknologi.
- Menjalin hubungan kerjasama denganberbagai lembaga dan stakeholders
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai desainer, akademisi, dan entrepreneur di bidang desain komunikasi visual yang menguasai metode desain komunikasi visual dan mengaplikasikannnya untuk problem solving pekerjaannya.
- Menghasilkan lulusanyang mampu menjadipembelajar sepanjang hayat di bidang desain komunikasi visual melalui pendidikan, baik formal maupun informal, serta berkolaborasi dengan membangun jejaring.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-5 | Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Menguasai teori dan metodologi perancangan Desain Komunikasi Visual dengan berbagai pendekatan fungsional dan pemecahan masalah.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mampu merencanakan proses perancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir dengan menggunakan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual berbasis perangkat lunak terkini
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mampu merencanakan proses pengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir dengan menggunakan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual berbasis perkembangan teknologi terkini.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pemecahan masalah dengan pendekatan berbasis kreativitas dan teknologi serta menggunakan perangkat lunak terkini.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mampu mengkaji karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pendekatan teoretik dan kontekstual dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Mampu mengembangkan Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan creativepreneurship yang berorientasi pada perkembangan teknologi informasi terkini.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum S1 Desain Komunikasi Visual
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM TRANSFORMASI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2024 - 2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
9024103060
Budaya Rupa Nusantara
3.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
1000002047
Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran
2.00
9024104062
Rupa Dasar
4.00
9024103059
Sejarah Desain
3.00
9024104061
Sketsa Desain
4.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002003
Bahasa Indonesia
2.00
1000002177
Bahasa Inggris
2.00
9024103079
Estetika
3.00
9024103078
Komunikasi Periklanan
3.00
1000002018
Pancasila
2.00
9024104077
Tipografi
4.00
9024104066
Fotografi
4.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9024105068
Desain Identitas/Penandaan
5.00
9024104064
Ilustrasi
4.00
1000002033
Kewarganegaraan
2.00
9024104067
Komputer Grafis
4.00
9024104118
Videografi
4.00
9024103065
Metode Desain
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9024105074
Branding
5.00
9024103071
Manajemen Desain
3.00
9024103030
Metodologi Penelitian
3.00
9024102100
Statistik
2.00
9024103046
Teknologi Cetak
3.00
9024104107
Tinjauan Visual
4.00
1000002176
Kewirausahaan
2.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Magang (4 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9024103126
Analisis Data Magang Praktik Industri
3.00
9024105128
Pelaksanaan Program Magang Praktik Industri
5.00
9024104125
Pengumpulan Data Magang Praktik Industri
4.00
9024104127
Penyusunan Konsep Program Magang Praktik Industri
4.00
1000002104
Seminar Proposal Tugas Akhir
2.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020108
Evaluasi Program Magang Praktik Industri
2.00
1000020174
Perencanaan Program Magang
2.00
Semester ke 6
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (4 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (4 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (4 SKS)
- Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (4 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (4 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (4 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (4 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (4 SKS)
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020113
Evaluasi Program Mengajar Di Sekolah
2.00
1000020171
Perencanaan Program Asistensi Mengajar
2.00
Matakuliah Bela Negara
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020169
Perencanaan Program Bela Negara
2.00
1000020148
Evaluasi Program Bela Negara
2.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020175
Evaluasi Program Proyek Di Desa
2.00
1000020168
Perencanaan Program Proyek Di Desa
2.00
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020138
Evaluasi Program Pertukaran Pelajar
2.00
1000020170
Perencanaan Program Pertukaran Mahasiswa
2.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020166
Perencanaan Program Proyek Kemanusiaan
2.00
1000020118
Evaluasi Program Proyek Kemanusiaan
2.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020172
Perencanaan Program Riset
2.00
1000020133
Evaluasi Program Penelitian Dan Riset
2.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020123
Evaluasi Program Studi Dan Proyek Independen
2.00
1000020173
Perencanaan Program Studi Independen
2.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000020167
Perencanaan Program Wirausaha
2.00
1000020128
Evaluasi Program Kewirausahaan
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
9024103122
Dampak Sosial Dan Komunitas
3.00
9024103004
Dasar-Dasar Pengajaran Desain
3.00
9024103013
Desktop Publishing
3.00
9024103090
Environmental Graphic
3.00
9024103023
Infografis
3.00
1000020159
Kepemimpinan Inklusi
2.00
9024103120
Media Promosi
3.00
9024103031
Motion Graphics
3.00
1000020165
National Conference
2.00
9024105119
Periklanan
5.00
1000020160
Empati Dan Kecerdasan Emosional
2.00
1000020161
Komunikasi Dan Kerja Tim
2.00
1000020158
Berpikir Kritis Dan Kreatif
2.00
1000020163
Communication Skills
2.00
9024103121
3d Modelling
3.00
9024103123
Desain Interaksi
3.00
9024103007
Desain Kemasan
3.00
1000020164
Internasional Conference
3.00
1000020157
Manajemen Event Regional
2.00
1000020156
Pembelajaran Emosi Dan Sosial
2.00
1000020162
Softskills
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004105
Tugas Akhir
4.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
9024103060 | Budaya Rupa Nusantara | 3.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
1000002047 | Pendidikan Jasmani Dan Kebugaran | 2.00 | |
9024104062 | Rupa Dasar | 4.00 | |
9024103059 | Sejarah Desain | 3.00 | |
9024104061 | Sketsa Desain | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002003 | Bahasa Indonesia | 2.00 | |
1000002177 | Bahasa Inggris | 2.00 | |
9024103079 | Estetika | 3.00 | |
9024103078 | Komunikasi Periklanan | 3.00 | |
1000002018 | Pancasila | 2.00 | |
9024104077 | Tipografi | 4.00 | |
9024104066 | Fotografi | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9024105068 | Desain Identitas/Penandaan | 5.00 | |
9024104064 | Ilustrasi | 4.00 | |
1000002033 | Kewarganegaraan | 2.00 | |
9024104067 | Komputer Grafis | 4.00 | |
9024104118 | Videografi | 4.00 | |
9024103065 | Metode Desain | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9024105074 | Branding | 5.00 | |
9024103071 | Manajemen Desain | 3.00 | |
9024103030 | Metodologi Penelitian | 3.00 | |
9024102100 | Statistik | 2.00 | |
9024103046 | Teknologi Cetak | 3.00 | |
9024104107 | Tinjauan Visual | 4.00 | |
1000002176 | Kewirausahaan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9024103126 | Analisis Data Magang Praktik Industri | 3.00 | |
9024105128 | Pelaksanaan Program Magang Praktik Industri | 5.00 | |
9024104125 | Pengumpulan Data Magang Praktik Industri | 4.00 | |
9024104127 | Penyusunan Konsep Program Magang Praktik Industri | 4.00 | |
1000002104 | Seminar Proposal Tugas Akhir | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020108 | Evaluasi Program Magang Praktik Industri | 2.00 | |
1000020174 | Perencanaan Program Magang | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020113 | Evaluasi Program Mengajar Di Sekolah | 2.00 | |
1000020171 | Perencanaan Program Asistensi Mengajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020169 | Perencanaan Program Bela Negara | 2.00 | |
1000020148 | Evaluasi Program Bela Negara | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020175 | Evaluasi Program Proyek Di Desa | 2.00 | |
1000020168 | Perencanaan Program Proyek Di Desa | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020138 | Evaluasi Program Pertukaran Pelajar | 2.00 | |
1000020170 | Perencanaan Program Pertukaran Mahasiswa | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020166 | Perencanaan Program Proyek Kemanusiaan | 2.00 | |
1000020118 | Evaluasi Program Proyek Kemanusiaan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020172 | Perencanaan Program Riset | 2.00 | |
1000020133 | Evaluasi Program Penelitian Dan Riset | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020123 | Evaluasi Program Studi Dan Proyek Independen | 2.00 | |
1000020173 | Perencanaan Program Studi Independen | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000020167 | Perencanaan Program Wirausaha | 2.00 | |
1000020128 | Evaluasi Program Kewirausahaan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
9024103122 | Dampak Sosial Dan Komunitas | 3.00 | |
9024103004 | Dasar-Dasar Pengajaran Desain | 3.00 | |
9024103013 | Desktop Publishing | 3.00 | |
9024103090 | Environmental Graphic | 3.00 | |
9024103023 | Infografis | 3.00 | |
1000020159 | Kepemimpinan Inklusi | 2.00 | |
9024103120 | Media Promosi | 3.00 | |
9024103031 | Motion Graphics | 3.00 | |
1000020165 | National Conference | 2.00 | |
9024105119 | Periklanan | 5.00 | |
1000020160 | Empati Dan Kecerdasan Emosional | 2.00 | |
1000020161 | Komunikasi Dan Kerja Tim | 2.00 | |
1000020158 | Berpikir Kritis Dan Kreatif | 2.00 | |
1000020163 | Communication Skills | 2.00 | |
9024103121 | 3d Modelling | 3.00 | |
9024103123 | Desain Interaksi | 3.00 | |
9024103007 | Desain Kemasan | 3.00 | |
1000020164 | Internasional Conference | 3.00 | |
1000020157 | Manajemen Event Regional | 2.00 | |
1000020156 | Pembelajaran Emosi Dan Sosial | 2.00 | |
1000020162 | Softskills | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | Tugas Akhir | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Sejak dibuka pada tahun 2015, Prodi S1 Desain Komunikasi Visual melakukan 1 kali peninjauan kurikulum, yaitu pada tahun 2019. Pada tahun 2015 Prodi Desain Komunikasi Visual menerapkan Kurikulum KKNI sesuai dengan Peraturan Presiden RI nomor8 tahun 2012 tentang KerangkaKualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yang selanjutnya disebut Kurikulum KKNI Desain Komunikasi Visual 2015. Kurikulum tersebut diterapkan untuk mahasiswa angkatan 2015 hingga angkatan2019. Selama kurikulumtersebut ditetapkan, tidak ada peninjauan kurikulum yang berdampak pada perubahan subtansi kurikulum maupunstruktur kurikulum, dikarenakan kurikulum tersebut masihsangat relevan denganprofil lulusan yang telah ditetapkan. Namun demikian setiaptahun tim TaskforceProgram Studi melakukanevaluasi terhadap ketercapaian pembelajaran berdasarkan kurikulum KKNI 2019.
Pada awal 2020, dengan munculnya Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentangStandar Nasional Pendidikan Tinggi,maka Kurikulum DesainKomunikasi Visual perlu dilakukan penyesuaian. Sesuai kebijakan Unesa, mahasiswa angkatan 2019 mulai semester 3 diterapkan kurikulum MBKM transisi sehingga diperlukan adanya penyelarasan-penyelarasan mata kuliah maupun beban sks. Sedangkan mahasiswa angkatan 2020 yang masuk pada bulan Agustus 2020, mengikuti kurikulum MBKM 2020. Penyusunan kurikulum MBKM tersebut dilakukan atas dasar kebijakan pemerintah yang ingin memberikan hak belajar mahasiswa di luar kampus lebih banyak dibandingkan sebeumnya,yaitu belajar 3 semester di luar program studi, baik di prodi lain di dalam Unesa maupun kegiatan belajar di luar kampus.
Mekanisme pelaksanaan penyusunan kurikulum di Prodi S1 Desain Komunikasi Visual mengacu pada prosedur mutu pengembangan perangkat kurikulum yaitu Prosedur Mutu no PM/01/GPM/FBS-UNESA, dengan prosedur sebagai berikut
- Ketua jurusan membentuk tim pengembang kurikulum Prodi Desain Komunikasi Visual untuk melakukan peninjauan dan pengembangan kurikulum beranggotakan para dosen di Jurusan Desain
- Tim pengembang kurikulum melakukan identifikasi awal dengan menelaahbeberapa mata kuliahdan melakukan analisiskebutuhan dan kondisidunia industryberdasarkan kurikulum yang ditetapkan sebelumnya.
- Tim pengembang kurikulum mengundang pihak-pihak terkait untuk melakukan FGD (forum group discussion) yang melibatkan pihak industri, alumni, praktisi,dan pakar sejawatuntuk mendapatkan masukantentang trend perkembangan ilmu pengetahuan dan trend dunia industri.
- Selanjutnya tim pengembang kurikulum mereview kurikulum lama dan menyusun draf kurikulum baru dengan mempertimbangkan masukan dari pihak yang telah diundang.
- Draf kurikulum dibahasoleh tim pengembang kurikulum bersama para dosen dalam rapat Prodi. Pembahasan dan revisi draf kurikulum dilakukanbeberapa kali untuk menjaminkualitas kurikulum.
- Tim pengembang kurikulum selanjutnya melakukan sanctioning terhadap draf akhir kurikulum. Draf akhir kurikulum kemudian direvisi oleh tim pengembang kurikulum berdasarkan hasil sanctioning. Setelah draf akhir kurikulum disempurnakan dan kurikulum baru tersusun denganbaik, maka tim pengembang kurikulum melakukan finalisasi.
- Kurikulum final diserahkan ke Ketua Jurusan/Prodi untuk diberikan persetujuan serta diberikan ke Dekan untuk disahkan dan dianggap layak untuk diimplementasikan.
- Kurikulum baru diimplementasikan pada semester gasal 2020/2021
Tahapan I. Analisis | Tahapan II. Perancangan | Tahapan III. Pengembangan | Tahapan IV. Pelaksanaan | Tahapan V. Evaluasi | Tahapan VI. Tindak Lanjut Perbaikan |
| Memilih dan Menata komponen-komponen kurikulum: | 8. Menjabarkan CPL-PRODI pada tingkat mata kuliah (MK) menjadi CPMK, Sub-CPMK, dan tahapan-tahapan belajar bersifat lebih spesifik, dapat diukur dan diamati; | 13. Mengidentifikasi kemungkinan masalah yang menghambat implementasi kurikulum; | 16. Melakukan evaluasi formatif terhadap implementasi kurikulum; | |
2. Analisis kebutuhan: kebutuhan sosial, profesional, industri, standard, dan scientific vision. | 4. Capaian pembelajaran Lulusan PRODI (CPL Prodi); | 9. Pembentukan MK dan menetapkan bobot SKS‘nya, serta menyusun matriks kurikulum; | 14. Melakukan sosialisasi, workshop, dan bimtek pada mahasiswa, dosen, pimpinan, dan tendik; | 17. Melakukan evaluasi sumatif terhadap implementasi kurikulum; | |
3. Penetapan Profil Lulusan. | 5. Bahan Kajian (subject matter) berdasarkan disiplin ilmu atau body of knowledge; | 10. Merancang pembelajaran dan menyusun RPS | 15. Melaksanakan Kurikulum dan monitoring; | ||
6. Pengalaman belajar (learning experience - learning methods); | 11. Menyusun instrumen penilaian dan evaluasi (formatif dan sumatif); | ||||
7. Penilaian (assesment); | 12. Mengembangkan bahan ajar dan perangkat pembelajaran lainnya. |
Gambar 1 TahapanPenyusunan Kurikulum
Tracer Study
Pada tahun 2019 – 2021 LulusanProdi Desain Komunikasi Visual sejumlah 135 orang. Dari total lulusan tersebut berdasarkan hasil tracer study masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan mencapai 100%. Lulusan yang mendapatkan pekerjaan sesuai bidang ilmu terlacak sebanyak 127 orang, sedangkan sisanya, 8 orang kurang sesuaibidang ilmu. Faktorpendorong lulusan mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan tersebut dikarenakan banyak lulusan prodi DKV yang sudah mendapatkan pekerjaan saat aktif menjadi mahasiswa. Bahkan di antara mereka telah mendapatkan pekerjaan saat melakukan PraktikKerja Lapangan/Magang. Faktor lain yang menjadi pendorong saat ini bidang DKV sangat dibutuhkan hampir di semua industri sesuai dengan kebutuhan pada era teknologi informasi yang terus berkembang dengan pesat. Berdasarkan hasil tracer tersebut,maka menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan profil lulusan dalam pengembangan kurikulum.
Profil Lulusan & Rumusan CapaianPembelajaran Lulusan (CPL)
- Profil Lulusan
Profil lulusanprogram studi merupakan postur yang diharapkan pada saat mahasiswa lulus atau menyelesaikan seluruh proses pembelajaran dengan kesesuaian jenjang KKNI. Berdasarkan hasil tracer study dan analisis SWOT Program Studi Desain Komunikasi Visual merumuskan profil utama lulusan sebagai Desainer yaitu Lead project designer yang profesional di bidang desain komunikasi visual berdasarkan ruang lingkup okupasinya. Sedangkan profil pendukungmeliputi; 1) Akademisi, yaitu Instruktur dan Pelatih bidangDesain Komunikasi Visual, 2) Entrepreneur, Pengusaha bidang Desain Komunikasi Visual
Tabel 1. Profil Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual
No | Profil Lulusan Sarjana Desain (S.Ds) | Deskripsi Profil Lulusan |
1 | Desainer |
|
2 | Akademisi |
|
3 | Entrepreneur |
|
Perumusan CapaianPembelajaran Lulusan
Capaian Pembelajaran Lulusan pada Program Studi Desain Komunikasi Visual terdiri dari Capaian Sikap, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus dan Pengetahuan. Rumusan Capaian Sikap dan Capaian Ketrampilan Umum mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dam Pendidikan Tinggi Republik IndonesiaNomor 44 Tahun 2015 TentangStandar Nasional Pendidikan Tinggi, dengan melakukan modifikasi/penyederhanaan dari 12 butir CPL menjadi 6 butir CPL
Rumusan Capaian Keterampilan Khusus dan Pengetahuan disesuaikan dengn kebutuhan ProfilLulusan yang ingindicapai dengan tetapmengacu dan sesuai dengan penjabaran yang ada dalam Keputusan MenteriKetenagakerjaan Republik IndonesiaNomor 301 Tahun 2016 serta memperhatikan kesepakatan Asosiasi.
Tabel 2. CapaianPembelajaran Lulusan ProgramStudi
RANAH | CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI |
Sikap | |
PLO 1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO 2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
Keterampilan Umum | |
PLO 3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO 4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Pengetahuan | |
PLO 5 | Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual. |
PLO 6 | Menguasai teori dan metodologi perancangan Desain Komunikasi Visual dengan berbagai pendekatan fungsional dan pemecahan masalah. |
Keterampilan Khusus | |
PLO 7 | Mampu merencanakan proses perancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir dengan menggunakan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual berbasis perangkat lunak terkini |
PLO 8 | Mampu merencanakan proses pengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir dengan menggunakan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual berbasis perkembangan teknologi terkini. |
PLO 9 | Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pemecahan masalah dengan pendekatan berbasis kreativitas dan teknologi serta menggunakan perangkat lunak terkini. |
PLO 10 | Mampu mengkaji karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pendekatan teoretik dan kontekstual dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini |
PLO 11 | Mampu mengembangkan Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan creativepreneurship yang berorientasi pada perkembangan teknologi informasi terkini. |
Matrik hubungan CPL dengan Profil Lulusan
Tabel 3. Matrikhubungan CPL denganProfil Lulusan
PL 1 | PL 2 | PL 3 | |
CPL/PLO | Desainer | Akademisi | Entrepreneur |
CPL-1 (S-1) Memiliki sikap religius, menjunjung nilai kemanusiaan | √ | √ | √ |
PL 1 | PL 2 | PL 3 | |
CPL/PLO | Desainer | Akademisi | Entrepreneur |
berdasarkan agama,moral, dan etika. | |||
CPL -2 (S-2) Berkontribusi dan memiliki rasa tanggung jawab dalam upaya peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara berdasarkan Pancasila |
√ |
√ |
√ |
CPL -3 (S-3) Bekerjasama dan memiliki kepekaan social, serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil yang lain |
√ |
√ |
√ |
CPL -4 (S-4) Taat hukum, dan memiliki sikap disiplin, mandiri, kejuangan, dan kewirausahaanserta menginternalisasinilai, norma, danetika akademik |
√ |
√ |
√ |
CPL -5 (S-5) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
√ |
√ |
√ |
CPL -6 (S-6) Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli dan Tangguh” |
√ |
√ |
√ |
CPL -7 (KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudahbaku |
√ |
√ |
√ |
CPL -8 (KU-2) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi, serta mewujudkan bekerja bermutu dan terukur. |
√ |
√ |
√ |
CPL -9 (KU-3) Mampu menyelesaikan dan memecahkan masalah | √ | √ | √ |
PL 1 | PL 2 | PL 3 | |
CPL/PLO | Desainer | Akademisi | Entrepreneur |
pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku, di dasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri. | |||
CPL -10(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secra efektif kepada pihaklain yang membutuhkan |
√ |
√ |
√ |
CPL -11(KU-5) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan sertamencegah plagiasi |
√ |
√ |
√ |
CPL -12 (P-1) Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual. |
√ |
√ |
√ |
CPL -13 (P-2) Menguasai teori perancangan Desain Komunikasi Visual dengan berbagai pendekatan fungsional dan pemecahan masalah. |
√ |
√ |
√ |
CPL -14 (P-3) Menguasai metodologi perancangan Desain Komunikasi Visual. |
√ |
√ |
√ |
CPL -15(KK-1) Mampu merencanakan prosesperancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir. |
√ |
√ |
√ |
CPL -16(KK-2) Mampu merencanakan proses pengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir. |
√ |
√ |
√ |
CPL -17(KK-3) | √ | √ | √ |
PL 1 | PL 2 | PL 3 | |
CPL/PLO | Desainer | Akademisi | Entrepreneur |
Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan kreativitas yang berorientasi pada fungsi danpemecahan. | |||
CPL -18(KK-4) Mampu mengkaji karyaDesain Komunikasi Visual dengan pendekatan teoretik dan kontekstual dalam konteks kekinian. |
√ |
√ |
√ |
CPL -19(KK-5) Mampu mengembangkan Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan creativepreneurship. |
√ |
√ |
√ |
Matriks hubungan CPL Prodi dengan Tujuan Pendidikan Program Studi Tabel 4. Keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL/PLO) dengan Tujuan Pendidikan Program Studi (PEO)
PEO 1 | PEO 2 | PEO 2 | |
CPL/PLO | Menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai desainer, akademisi, dan entrepreneur di bidang desain komunikasi visual yang menguasai metode desain komunikasi visual dan mengaplikasikannnya untuk problem solving pekerjaannya | Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat di bidang desain komunikasi visual melalui pendidikan, baik formal maupun informal, serta berkolaborasi denganmembangun jejaring | Menghasilkan lulusan yang memahami etika profesi,bertanggungjawab, berkontribusi secara positif, befikir kritis, kreatif dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan, terutama dalam mengembangkan karya desain berbasis nilai kearifan lokal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
CPL-1 (S-1) Memiliki sikap religius, menjunjung nilai kemanusiaan berdasarkan agama,moral, dan etika. |
√ |
√ |
√ |
CPL -2 (S-2) Berkontribusi dan memiliki rasa tanggung jawab dalam upaya peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, |
√ |
√ |
√ |
PEO 1 | PEO 2 | PEO 2 | |
CPL/PLO | Menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai desainer, akademisi, dan entrepreneur di bidang desain komunikasi visual yang menguasai metode desain komunikasi visual dan mengaplikasikannnya untuk problem solving pekerjaannya | Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat di bidang desain komunikasi visual melalui pendidikan, baik formal maupun informal, serta berkolaborasi denganmembangun jejaring | Menghasilkan lulusan yang memahami etika profesi, bertanggungjawab, berkontribusi secara positif, befikir kritis, kreatif dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan, terutama dalam mengembangkan karya desain berbasis nilai kearifan lokal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
bernegara berdasarkan Pancasila | |||
CPL -3 (S-3) Bekerjasama dan memiliki kepekaan social, serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil yang lain |
√ |
√ |
√ |
CPL -4 (S-4) Taat hukum, dan memiliki sikap disiplin, mandiri, kejuangan, dan kewirausahaanserta menginternalisasinilai, norma, danetika akademik |
√ |
√ |
√ |
CPL -5 (S-5) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
√ |
√ |
√ |
CPL -6 (S-6) Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli dan Tangguh” |
√ |
√ |
√ |
CPL -7 (KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yangsudah baku |
√ |
√ |
√ |
CPL -8 (KU-2) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi, | √ | √ | √ |
PEO 1 | PEO 2 | PEO 2 | |
CPL/PLO | Menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai desainer, akademisi, dan entrepreneur di bidang desain komunikasi visual yang menguasai metode desain komunikasi visual dan mengaplikasikannnya untuk problem solving pekerjaannya | Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat di bidang desain komunikasi visual melalui pendidikan, baik formal maupun informal, serta berkolaborasi denganmembangun jejaring | Menghasilkan lulusan yang memahami etika profesi, bertanggungjawab, berkontribusi secara positif, befikir kritis, kreatif dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan, terutama dalam mengembangkan karya desain berbasis nilai kearifan lokal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
serta mewujudkan bekerjabermutu dan terukur. | |||
CPL -9 (KU-3) Mampu menyelesaikan dan memecahkan masalah pekerjaan berlingkup luas danmenganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku, di dasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri. |
√ |
√ |
√ |
CPL -10(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secra efektif kepada pihaklain yang membutuhkan |
√ |
√ |
√ |
CPL -11(KU-5) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan sertamencegah plagiasi |
√ |
√ |
√ |
CPL -12 (P-1) Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual. |
√ |
√ |
√ |
CPL -13 (P-2) Menguasai teori perancangan Desain Komunikasi Visual dengan berbagai pendekatan fungsional dan pemecahan masalah. |
√ |
√ |
√ |
CPL -14 (P-3) | √ | √ | √ |
PEO 1 | PEO 2 | PEO 2 | |
CPL/PLO | Menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai desainer, akademisi, dan entrepreneur di bidang desain komunikasi visual yang menguasai metode desain komunikasi visual dan mengaplikasikannnya untuk problem solving pekerjaannya | Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat di bidang desain komunikasi visual melalui pendidikan, baik formal maupun informal, serta berkolaborasi denganmembangun jejaring | Menghasilkan lulusan yang memahami etika profesi, bertanggungjawab, berkontribusi secara positif, befikir kritis, kreatif dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan, terutama dalam mengembangkan karya desain berbasis nilai kearifan lokal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
Menguasai metodologi perancangan Desain Komunikasi Visual. | |||
CPL -15(KK-1) Mampu merencanakan prosesperancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir. |
√ |
√ |
√ |
CPL -16(KK-2) Mampu merencanakan prosespengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir. |
√ |
√ |
√ |
CPL -17(KK-3) Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan kreativitas yang berorientasi pada fungsidan pemecahan. |
√ |
√ |
√ |
CPL -18(KK-4) Mampu mengkaji karyaDesain Komunikasi Visual dengan pendekatan teoretik dan kontekstual dalam konteks kekinian. |
√ |
√ |
√ |
CPL -19(KK-5) Mampu mengembangkan Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan creativepreneurship. |
√ |
√ |
√ |
Rekap CPL Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
Tinjauan Desain | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
KEWIRAUSAHAAN | 2 | 57.14% | 14.29% | 28.57% | 100 % | ||||||||
SEJARAH DESAIN | 3 | 12.5% | 25% | 25% | 37.5% | 100 % | |||||||
Metodologi Penelitian | 4 | 28.57% | 14.29% | 57.14% | 100 % | ||||||||
Desain Komunikasi Visual III | 4 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Komputer Grafis | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Desain Identitas/Penandaan | 5 | 12.5% | 25% | 12.5% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
BUDAYA RUPA NUSANTARA | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Digital Imaging | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Estetika | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Komunikasi Periklanan | 3 | 42.86% | 28.57% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||||||
Tipografi Dasar | 3 | 25% | 37.5% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||||
Desain Komunikasi Visual I | 4 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % | ||||||||
Wawasan Branding | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Teknologi Cetak | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Videografi | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Manajemen Desain | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Desain Komunikasi Visual II | 4 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 20% | 80% | 100 % | |||||||||
Infografis | 3 | 25% | 75% | 100 % | |||||||||
Portfolio | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Skripsi | 6 | 62.5% | 37.5% | 100 % | |||||||||
Desain Kemasan | 3 | 8.7% | 34.78% | 8.7% | 34.78% | 13.04% | 100 % | ||||||
Ilustrasi Buku dan Komik | 3 | 35.71% | 35.71% | 28.57% | 99.99 % | ||||||||
Integrated Marketing Communication | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Tipografi aplikatif | 3 | 25% | 37.5% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||||
Design Brand Identity | 4 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
PROMOSI DIGITAL | 4 | 12.5% | 25% | 12.5% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
DESAIN KEMASAN | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
INFOGRAFIS | 4 | 25% | 75% | 100 % | |||||||||
MOTION GRAPHIC | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
DESKTOP PUBLISHING | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
ILUSTRASI | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
METODE DESAIN | 3 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Bahasa Inggris | 2 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||
SKETSA DESAIN | 4 | 57.14% | 28.57% | 14.29% | 100 % | ||||||||
FOTOGRAFI | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Tinjauan Visual | 3 | 60% | 40% | 100 % | |||||||||
Branding | 5 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Kewirausahaan | 3 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||||
STATISTIK | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Tipografi | 4 | 15.38% | 15.38% | 23.08% | 23.08% | 15.38% | 7.69% | 99.99 % | |||||
RUPA DASAR | 4 | 10% | 30% | 30% | 30% | 100 % | |||||||
Ilustrasi Aplikatif | 3 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Interaktif media | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Rupa Dasar 2d | 3 | 60% | 40% | 100 % | |||||||||
ARTPRENEUR | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Desain dan Kebudayaan | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Motion Graphics | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Pengantar Studi Desain | 2 | 12.5% | 50% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Proses Komunikasi | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
ANIMASI APLIKATIF | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Komputer Grafis | 3 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||||
Rupa Dasar 3d | 3 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
DESAIN PERIKLANAN | 5 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||
Environmental Graphic | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Publikasi Karya | 3 | 40% | 60% | 100 % | |||||||||
ENVIRONMENTAL GRAPHIC | 3 | 25% | 37.5% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||||
ETIKA DESAIN | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Teori Periklanan | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Desain Eksibisi | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Manajemen Desain | 3 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Filsafat Ilmu | 2 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||
MERCHANDISE | 3 | 40% | 60% | 100 % | |||||||||
Estetika | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
APLIKASI CETAK | 3 | 42.86% | 42.86% | 14.29% | 100 % | ||||||||
Dasar-dasar Pengajaran Desain | 3 | 44.44% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | ||||||||
IKLAN LAYANAN MASYARAKAT | 3 | 40% | 60% | 100 % | |||||||||
PENGAJARAN DESAIN GRAFIS | 3 | 12.5% | 37.5% | 50% | 100 % | ||||||||
Desktop Publishing | 3 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Bahasa Visual | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Gambar Bentuk | 3 | 37.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Budaya Rupa Nusantara | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Videography | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Ilustrasi Dasar | 3 | 40% | 60% | 100 % | |||||||||
Desain Web | 3 | 22.22% | 33.33% | 44.44% | 99.99 % | ||||||||
TEKNOLOGI CETAK | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
ANIMASI APLIKATIF | 4 | 60% | 40% | 100 % | |||||||||
TINJAUAN VISUAL | 4 | 14.29% | 14.29% | 28.57% | 42.86% | 100 % | |||||||
ILUSTRASI APLIKATIF | 4 | 25% | 37.5% | 37.5% | 100 % | ||||||||
VIDEOGRAFI | 4 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Statistik | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Kurikulum
- Nilai-nilai Universitas
Pengembangan kurikulum pada program S1 Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Surabaya merupakan upaya yangdilandasi kebutuhan yaitusebagai acuan dalam penyelenggaraan kegiatanakademik terutama pembelajaran di prodi guna memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum Prodi Desain Komunikasi Visual didasarkan pada penerapan nilai-nilai kearifan lokal sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Hal ini juga selaras dengan nilai karakter Universitas Negeri Surabaya yaitu Growing with Character’ dengan menetapkan karakter, Iman, Cerdas, Jujur, Peduli dan Tangguh ‘idamanjelita’ yang diharapkan dapat diinternalisasikan ke dalam capaian pembelajaran prodi dan pada semua aktivitas civitas akademika.
- Landasan Filosofi
Landasan filosofis pengembangan kurikulum didasarkan pada falsafah perenialisme dimaksudkan untuk mengembangkan intelektualisme yang ditujukan untuk mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai nilai kearifan lokal yang dipalikasikan dalam karya desain sebagai bentuk solusi dari permasalahan yang ditetapkan. Falsafah perenialisme dalampengembangan kurikulum merupakanperpindahan budaya (transfer of culture) antarsetiap generasi. Berikutnya adalah falsafah esensialisme yang dijadikan falsafah pengembangan kurikulum sebagai pemahaman bahwa kecemerlangan ilmu harus menjadikepedulian setiap generasi. Penguasaan ilmu merupakan pokok perkembangan masyarakat. Selanjutnya adalah falsafah progresivisme yang digunakan sebagai falsafah pengembangan kurikulum Desain Komunikasi Visual sebagaijalan untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan.
- Landasan Sosiologis
Program Studi Desain Komunikasi Visual dalam menyusun kurikulum sesuai dengan tujuan, kebutuhan, aspirasi, serta tuntutan kehidupan masa depan melalui keilmuan desain komunikasi visual yang terintgrasi dengan berbagai bidang keilmuan yang lain. Beberapalandasan sosiologis dalampengembangan kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual ini sebagaiberikut:
- Kurikulum Desain Komunikasi Visual beradaptasi dengan perubahan sosial budaya masyarakat di era teknologi informasi yang berkembang pesat, berlandaskan pada falsafah hidup, nilai-nilai, ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, Program Studi Desain Komunikasi Visual dalam menyusunkurikulum dan mengembangkan relevan dengan tuntutan serta kebutuhan masyarakat yang terus berkembang seiring kemajuan teknologi informasi dengan berdasarkan pada nilai kearifan lokal masyarakat.
- Kurikulum Desain Komunikasi Visual disusun melalui sistem secara terintegrasi mencakup input, process,output, dan outcome agarmenghasilkan lulusan yang peduli, mandiri, produktif, inovatif, dan adaptif serta memiliki karakterIman, Cerdas, Jujur,Peduli dan Tangguh.
- Kurikulum yang dikembangkan sebagai upaya penyiapan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang desainkomunikasi visual sesuaituntutan era Revolusi Industri4.0 dan Revolusi Industri 5.0 mendatang.
- Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual dirancang berdasar kurikulum MerdekaBelajar Kampus Merdeka(MBKM) dengan mengedepankan hak bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar lebih luas melaluiaktivitas belajar di dalam dan di luar kampus.
- Landasan Historis
ProgramStudi Desain Komunikasi Visual dibuka dan menerima mahasiswa pertama kali pada tahun 2015. Pada tahun 2015 kurikulum yang dikembangkan adalah Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).Kulirikulum KKNI ProgramStudi Desain Komunikasi Visual berlaku tahun 2015 hinggatahun 2020. Sejakmenerapkan Kurikulum KKNIpada 2015, ProdiDesain Komunikasi Visual pertama kali melakukan restrukturisasi kurikulum pada 2020. Restrukturisasi kurikulumini dilakukan karena adanya kebijakanpenerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tertuang dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Penyusunan kurikulum tersebut melibatkan pakar dan praktisi, pengguna lulusan, dan beberapa alumni, untuk memberikan masukan terhadap kurikulum Desain Komunikasi Visual.Kegiatan restrukturisasi kurikulum ini didahului dengan pembentukan tim penyusun kurikulum, melakukan kajian terhadapdokumen kurikulum sebelumnya, melakukan tracer study, melakukan kajian terkait dokumen kebijakan MBKM yang menjadi dasar penyusunan kurikulum Desain Komunikasi Visual, dan menyusun draf kurikulum, meliputi kajian visi misi, penetapan profil lulusan, penetapan capaian pembelajaran, penyusunan bahan kajian, serta pembentukan mata kuliah.
Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang yang telah disusun memberikan hak dan ruang kepada mahasiswa untuk belajar di luar prodi selama 1 semester, dan belajar di luar kampus selama maksimal 2 semester melalui program-program MBKM yaitu pertukaran mahasiswa, magang kerja, magang riset,kewirausahaan, studi independen bersertifikat, KKN di desa, dan program lainnyayang telah dikembangkan oleh Kemdikbud dan melalui beberapakegiatan sesuai denganregulasi MBKM Unesa.
- Landasan Hukum
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentangGuru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang RepublikIndonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2012 Nomor158, Tambahan LembaranNegara Republik IndonesiaNomor 5336);
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang PenerapanKKNI Bidang PerguruanTinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia Nomor 3 Tahun 2020, TentangStandar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun2016 Tentang SistemPenjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Nomor 3 Tahun 2020 tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal;
Peraturan Rektor Nomor 3 Tahun 2021 tentangPenerapan Program MerdekaBelajar Serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved