Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah Pendidikan Transformatif Geografi memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa pendidikan merupakan humanisasi dan kehidupan itu sendiri. Pendidikan Transformatif Geografi merupakan pendidikan yang tidak memisahkan teori dan praksis kritis kehidupan, tidak ada disparitas di antara keduanya sehingga pendidikan bermakna bagi kemanusiaan dan kehidupan dalam konteks keruangab. Pembelajaran matakuliah Pendidikan Transformatif Geografi diawali dari penelusuran historisitas pertumbuhan dan perkembangan pedagogik trasformatif hingga praksis kritis idiologi pedagogik transformatif pada kurikulum nasional Indonesia. Ruang lingkup matakuiah diawali dari sejarah pemikiran pedagogik transformatif, filosofis pendidikan yang mendukung, teori-teori belajar yang relevan, dan praksis pedagogik transformatif pada kurikulum ilmu Geografi di Sekolah Menengah Atas (SMA)
CPMK
- Menganalisis idiologi-idiologi pedagogik transformatif penuh tanggung jawab, mengembangkannya dalam pembelajaran inovatif, pemecahan masalah dan mendesiminasikan hasil
- Menganalisis filosofi pendidikan pedagogik transformatif penuh tanggung jawab, mengembangkannya dalam pembelajaran inovatif, pemecahan masalah dan mendesiminasikan hasil
- Menganalisis teori belajar pedagogik transformatif penuh tanggung jawab, mengembangkannya dalam pembelajaran inovatif, pemecahan masalah dan mendesiminasikan hasil
- Menganalisis pendekatan-pendekatan pedagogik transformatif penuh tanggung jawab, mengembangkannya dalam pembelajaran inovatif, pemecahan masalah dan mendesiminasikan hasil
- Menganalisis heutagogi pedagogik transformatif penuh tanggung jawab, mengembangkannya dalam pembelajaran inovatif, pemecahan masalah dan mendesiminasikan hasil