•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Filosofi Ilmu Pendidikan Dasar

Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dalam memahami secara meluas dan mendalam tentang hakikat ilmu pendidikan di tingkat sekolah dasar serta pendidikan dasar di perguruan tinggi berdasarkan ruang lingkup sistem pendidikan. Mahasiswa diharapkan kompeten dalam menguasai: (1) wawasan tentang filosofi ilmu pendidikan dasar, (2) konsep, model, prinsip dan prosedur pendidikan dasar, (3) filosofis dan teoritis mengenai pendidikan dasar pada aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi pendidikan dasar dalam lingkup belajar-mengajar mikro dan makro dalam aneka pandangan filsafat pendidikan, serta (4) mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar, dan (5) mampu mengidentifikasi sistem filsafat pendidikan Indonesia dari pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, dll. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student centered learning yang dilaksanakan dalam bentuk kajian teori/konsep, penelitian dan seminar, analisis artikel jurnal mutakhir, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah.

CPMK


Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Membuat klaim dan argumentasi tentang pandangan filosofis yang menjadi dasar praksis pendidikan dasar
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Mempertanyakan kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Mempertanyakan apa yang dididikkan pada siswa dalam pendidikan dasar
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Mempertanyakan apa yang dididikkan pada siswa dalam pendidikan dasar
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Pemikiran tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Permasalahan pendidikan dasar dalam konteks analitik praksis pendidikan dasar
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  22 Mei 2024

Dosen

WAHONO WIDODO
WAHONO WIDODO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WAHYU SUKARTININGSIH
WAHYU SUKARTININGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10