Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pembelajaran Anak Tunarungu merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui pengkajian konsep, strategi, metode, teknik dan alternatif komunikasi anak tunarungu. Karakteristik perkembangan peserta didik tunarungu serta teknik penerapan pembelajaran bagi anak tunarungu serta kemampuan untuk merencanakan, mengaplikasikan, mengevaluasi, dan menganalisis penerapan strategi, metode, teknik pembelajaran anak tunarungu serta membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dan mengaplikasikan dalam pembelajaran dan menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran anak tunarungu baik di sekolah khusus maupun sekolah inklusif. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi
CPMK
- Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, dan teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran anak tunarungu serta mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran anak tunarungu sesuai prosedur.
- Merancang kurikulum, program layanan, dan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak tunarungu secara sistematis dan inovatif.
- Terampil memberikan layanan akademik, simulasi pembelajaran, dan intervensi program pendidikan khusus sesuai kebutuhan individual anak tunarungu.
- Memanfaatkan media pembelajaran dan teknologi asistif secara tepat guna mendukung proses belajar anak tunarungu.