CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah di bidang Pendidikan Luar Biasa dengan memperhatikan berbagai faktor secara komprehensif;
CPL-8 Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa;
CPMK
CPMK-1 Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan kreatif untuk mengembangkan, merencanakan, melaksanakan, memilih pendekatan; model; metode dan strategi pembelajaran, mengelola, mengevaluasi berkaitan dengan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan perilaku ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus
CPMK-2 Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah perilaku anak berkebutuhan khusus dan mengelola pelaksanaan modifikasi perilaku peserta didik berkebutuhan khusus dengan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pelaksanaan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus yang dilandasi oleh prinsip dasar berpikir kritis, nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia serta berdasar analisis informasi, hasil asesmen dalam memberikan alternatif penyelesaian permasalahan anak berkebutuhan khusus melalui modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus
CPMK-3 Mampu memanfaatkan IPTEKS dan teknologi informasi yang relevan, adaptif dan kontekstual untuk memperoleh informasi/referensi terkait modifikasi perilaku dan mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam layanan, perencanaan, pelaksanaan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus