Mata kuliah ortodidaktik merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui definisi ortodidaktik, landasan, sejarah pendidikan luar biasa, hubungannya dengan ilmu lainnya, teori, konsep, prinsip anak berkebutuhan khusus meliputi: anak tunanetra, tunarungu, tuna grahita, tunadaksa, autis, anak berkesulitan belajar, Anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa, Anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktifitas, Anak lambat belajar, klasifikasi, faktor penyebab, karakteristik dan kebutuhan khusus dalam pembelajaran serta kemampuan untuk merencanakan, memodifikasi, mengaplikasi, mengevaluasi dan memecahkan permasalahan terkait ortodidaktik dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan ortodidaktik serta menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang anak berkebutuhan khusus baik di sekolah khusus maupun sekolah inklusif. Perkuliahan dilaksanakan melalui presentasi, diskusi, tugas Chapter raport, dan refleksi.