Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan komunikasi dan interaksi sosial, perilaku anak ASD meliputi konsep dasar dan tujuan komunikasi anak ASD, interaksi sosial anak ASD; perilaku anak ASD, perilaku sosial, teori yang berkaitan dengan komunikasi dan interaksi sosial serta perilaku, etika;norma;moral; nilai sosial dalam komunikasi dan interaksi sosial serta perilaku anak ASD, komunikasi dan interaksi sosial serta perilaku anak ASD, hambatan/masalah komunikasi dan interaksi sosial serta perilaku anak ASD, strategi/metode ( Applied Behavior Analysis , TEACCH , Floor Time , metode Kaufman, teknik: modeling, token economic, assertivitas, relaksasi, self management, social skill management , analisis tugas ( task analysis ), dsb.), media (digital dan non digital), asesmen komunikasi dan interaksi sosial serta perilaku anak ASD, program pengembangan komunikasi dan interaksi sosial serta perilaku Anak ASD, evaluasi dan analisis pelaksanaan pengembangan komunikasi dan interaksi sosial serta perilaku anak ASD. Perkuliahan dilaksanakan dengan model pembelajaran project based learning