Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran, asesmen kecakapan hidup, instrumen asesmen, program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari yang sesuai jenis, karakteristik, kebutuhan masing-masing anak berkebutuhan khusus dan membuat program untuk mengembangkan kecakapan hidup sehari-hari dan mengatasi masalah berkaitan dengan kecakapan hidup ABK dan PDBK, srategi, online leraning, metode, media (digital dan non digital) serta teknologi asistif dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK, analisis tugas (task analysis), modeling, online learning dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK, pemecahan masalah kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK melalui produk atau karya ilmiah dalam bentuk artikel atau produk atau karya lain yang berkaitan dengan pemecahan masalah kecakapan hidup ABK dan PDBK, pembuatan produk berupa program dan praktek program berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK, rancangan wirausaha dan laporan praktek program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di masyarakat, sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK dan PDBK. Perkuliahan dilaksanakan dengan metode pembelajaran project based learning