•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Instructor
Oka Saputra
 

My Profile

Nama
Dr. Oka Saputra, M.Pd
NIDN
0028129305
Profile Sinta
Profile PDDIKTI
Profile Google Scholar

Jadwal mengajar periode 2024/2025 Genap

Riwayat mengajar

Periode Kode MK Nama mata kuliah Kelas Perguruan Tinggi
2023/2024 Genap 8420303279 ENGLISH FOR PHYSICS 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8410302003 Filsafat dan Kurikulum Pendidikan Fisika 2024A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420302252 Fisika Audiovisual 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420303081 Gelombang 2022B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420302254 Kearifan Lokal Fisika 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420302288 KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO 2021O Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 4520102107 Konservasi Sumber Daya Alam 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420302287 Media Pembelajaran Fisika 2022A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420302236 Teori Belajar 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420503100 FISIKA UMUM 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420503100 FISIKA UMUM 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 4620103073 FISIKA UMUM 2023E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420403069 FISIKA UMUM 2023E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 4620103073 FISIKA UMUM 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 4620103073 FISIKA UMUM 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 4620103073 FISIKA UMUM 2023F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420302286 Pengembangan Bahan Ajar 2022B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420302283 Perencanaan Pembelajaran 2022B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420302188 SISTEM PENGUKURAN FISIKA 2023B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420303279 ENGLISH FOR PHYSICS 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420304067 Fisika Dasar II 2022I Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302254 Kearifan Lokal Fisika 2020A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8320102259 Keterampilan Mengajar Pembelajaran Mikro MB007 Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 4520102107 Konservasi Sumber Daya Alam 2022E Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302107 Konservasi Sumber Daya Alam 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302245 Literasi Fisika 2021A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302287 Media Pembelajaran Fisika 2021U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302143 MULTIMEDIA 2020B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302286 Pengembangan Bahan Ajar 2020U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302236 Teori Belajar 2022C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 4720103030 FISIKA UMUM 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420503100 FISIKA UMUM 2022E Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420302286 Pengembangan Bahan Ajar 2020B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420302283 Perencanaan Pembelajaran 2021B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420302188 SISTEM PENGUKURAN FISIKA 2022B Universitas Negeri Surabaya

Riwayat Publikasi

No Tahun Judul Artikel Publisher
1. 2024 Training on Making Alternative Energy Kits to Support Independent Curriculum Learning for Physics Teachers in Nganjuk Regency Journal of Dedication in Community 2 (2), 1-7
2. 2024 Development of 4-Tier Diagnostic Fluid Static Test (4T-DFST) to identify profile students’ conception Journal of Physics: Conference Series 2900 (1), 012003
3. 2024 Development of multimedia oriented to local wisdom to improve students’ understanding of physics concepts Journal of Physics: Conference Series 2900 (1), 012046
4. 2024 Kearifan Lokal Fisika Mitra Edukasi dan Publikasi
5. 2024 Ethnophysics of Klepon: Exploring Physics Concepts in Traditional Pasuruan Snack International Journal of Research and Community Empowerment 2 (2), 48-55
6. 2024 Kajian Etnofisika Kearifan Lokal Api Tak Kunjung Padam di Kabupaten Pamekasan Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran 2 (2), 84-89
7. 2024 How to Promote the Ability of Physics Teaching Materials Development through Team-Based Project Learning? An Action Research Evidence Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 10 (1), 15-26
8. 2024 The physics of Gamelan: A study of sound concept in traditional art AIP Conference Proceedings 3116 (1)
9. 2024 The physics of “heaven fire”: A study of heat and electricity in local wisdom of Northwestern East Java AIP Conference Proceedings 3116 (1)
10. 2024 Development of Predict-Observe-Write (POW) learning model to improve student’s understanding of concepts on the topic of fluids Journal of Physics: Conference Series 2684 (1), 012005
11. 2023 Analisis Kearifan Lokal Gamelan (Saron) pada Konsep Fisika Gelombang dan Bunyi Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains 7 (2), 45-50
12. 2023 Identifikasi Konsep Fisika pada Kearifan Lokal Kesenian Tongklek di Indonesia JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS 7 (2), 64-68
13. 2023 Etnofisika Petani Mitra Edukasi dan Publikasi
14. 2023 Identification of Student Misconception about Dynamic Fluid European Online Journal of Natural and Social Sciences 12 (1), pp. 43-52
15. 2023 KIR training and use of simple science teaching aids for increase understanding and motivation teachers and students of MTs YKUI Maskumabang Journal of Dedication in Community, 1-8
16. 2023 Pengolahan limbah ampas teh, cangkang telur dan styrofoam sebagai adsorben untuk meningkatkan kualitas limbah laundry (air deterjen) Prosiding Seminar Nasional Fisika 2 (1), 242-249
17. 2023 Pengembangan Media Pembelajaran ARDI (AR-Digital Book) Berbasis Augmented Reality 3D Animated Pada Materi Induksi Elektromagnetik Inovasi Pendidikan Fisika 12 (2), 54-64
18. 2023 Dasar-Dasar Pengembangan Bahan Ajar: Berorientasi pada Pembelajaran Berbasis Proyek Mitra Edukasi dan Publikasi
19. 2023 Suitability of Torricelli’s Theorem Formulation in Cases of Leaking Reservoirs with Video Analysis Tracker Journal of Physics: Conference Series 2623 (1), 012021
20. 2022 Development of Virtual Simulation to Reduce the Number of High School Students' Misconceptions about Fluid Topics JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 12 (1), 100-107
21. 2022 Improving Critical thinking skills (CTS) of students through wave energy learning project (WELP) on environmental physics lecture Journal of Physics: Conference Series 2392 (1), 012038
22. 2021 The development of 5E-POW (predict-observe-write) learning model assisted by virtual simulation to reduce the quantity of high school students’ misconceptions on fluid topics Journal of Physics: Conference Series 1806 (1), 012030
23. 2021 The analysis of student kinesthetic learning activity on the materials of Compton and photoelectric effects Journal of Physics: Conference Series 2126 (1), 012015
25. 2020 Teacher’s conception about static fluid Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022010
27. 2019 Identification of student misconception about static fluid Journal of Physics: Conference Series 1157 (3), 032069
28. 2019 Miskonsepsi siswa SMA pada topik fluida Prosiding Seminar Nasional Lontar Physics Forum, 65-72
29. 2018 Pengaruh Pendekatan Conceptual Problem Solving terhadap Problem Solving dan Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 3 Palu JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 6 (2), 38-46
30. 2018 Revolusidalam Perkembangan Astronomi: Hilangnya Pluto Dalam Keanggotaan Planet Pada Sistem Tata Surya Jurnal Filsafat Indonesia 1 (2), 71-74
31. 2017 Identifikasi miskonsepsi siswa sekolah menengah atas (sma) pada topik fluida dinamis Jurnal Kreatif Online 7 (3)
32. 2015 RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS GPS (Global Positioning System) DAN KONEKSI BLUETOOTH. Fakultas Teknik
33. 2014 Pengaruh Problem-Based Learning Menggunakan Praktikum Alat Sederhana Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 7 Palu JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 2 (2), 36-42