Matakuliah ini merupakan kajian tentang konsep dasar ekonomi moneter yang di dalamnya mengkaji Bank sentral dan otoritas Jasa keuangan, Bank umum, lembaga keuangan non bank, inflasi, teori kebijakan moneter, teori permintaan dan penawaran uang, keseimbangan pasar uang, kebijakan fiskal dan moneter, serta neraca pembayaran internasional. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, diskusi kelompok, dan penugasan menggunakan studi kasus.
This course is a study of the basic concepts of monetary economy in which it examines the central bank and the financial services authority, commercial banks, non-bank financial institutions, inflation, monetary policy theory, the theory of money supply and demand, money market balance, fiscal and monetary policy, and international balance of payments. The learning methods used are lectures, group discussions, and assignments using case studies.
CPMK
Lulusan mampu menjelaskan mengenai teori ekonomi moneter
C4. Mahasiswa mampu mengaitkan dengan benar konsep dasar manajemen keuangan dengan IPTEKS dan informasi keuangan.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dasar ekonomi moneter
Date 4 September 2024
Pertemuan 2
Bank sentral dan OJK
Date 11 September 2024
Pertemuan 3
Bank sentral dan OJK
Date 18 September 2024
Pertemuan 4
Inflasi
Date 25 September 2024
Pertemuan 5
Teori permintaan uang dan teori penawaran uang
Date 2 Oktober 2024
Pertemuan 6
Teori permintaan uang dan teori penawaran uang
Date 9 Oktober 2024
Pertemuan 7
Pasar uang, pasar modal dan pasar valas
Date 16 Oktober 2024
Pertemuan 8
Ujian Tengah Semester
Date 23 Oktober 2024
Pertemuan 9
Menganalisis neraca pembayaran internasional
Date 30 Oktober 2024
Pertemuan 10
Teori dan kebijakan Moneter dan Fiskal
Date 6 November 2024
Pertemuan 11
Teori dan kebijakan Moneter dan Fiskal
Date 13 November 2024
Pertemuan 12
Dan menganalisis Evolusi dan Transmisi kebijakan moneter di Indonesia
Date 20 November 2024
Pertemuan 13
Dan menganalisis Evolusi dan Transmisi kebijakan moneter di Indonesia
Mata kuliah Literasi Digital merupakan mata kuliah wajib umum (MKWU) bagi seluruh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang disajikan pada tahun pertama perkuliahan. Matakuliah ini membekali
Pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, mahasiswa belajar menguraikan teori-teori dalam Manajemen Pemasaran meliputi manajemen pemasaran, wawasan pemasaran, hubungan dengan pelanggan, merek yang kuat, penciptaan dan
Matakuliah sistem informasi manajemen memberikankajian yang berisi pemahaman tentang peran sistem informasi dalammengubah bisnis global, sistem bisnis elektronik (E-Business), sumber dayakomputasi dan komunikasi, dan perlidungan