•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pemrograman Visual

Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini mengajarkan dasar-dasar pemrograman visual meliputi konsep pemrograman visual, obyek, event, dasar-dasar validasi, integrasi dan compile beserta aplikasi sederhana di lingkungan pemrograman

CPMK

  • Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar pemrograman visual dalam pengembangan aplikasi sederhana (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis dan memecah masalah dalam pengembangan aplikasi visual untuk menentukan komponen-komponen yang diperlukan (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi berbagai tools dan teknologi yang tersedia untuk pemrograman visual berdasarkan kebutuhan proyek (C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan aplikasi visual yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai komponen teknologi informasi (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan prinsip desain antarmuka pengguna yang baik dalam pengembangan aplikasi visual (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis feedback pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi visual yang dikembangkan (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih pola desain perangkat lunak yang sesuai untuk implementasi dalam proyek pemrograman visual (C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan dokumentasi teknis dan pengguna yang komprehensif untuk aplikasi yang dikembangkan (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek dalam pengembangan aplikasi visual (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis kasus penggunaan aplikasi visual untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan lebih lanjut (C4)
  • Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar pemrograman visual dalam pembuatan aplikasi sederhana (C3)
  • Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan pengguna untuk mengembangkan antarmuka pengguna yang efektif dalam aplikasi visual (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih alat serta teknologi yang tepat untuk pengembangan aplikasi visual berdasarkan kriteria performa dan kegunaan (C5)
  • Mahasiswa mampu menciptakan aplikasi visual yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai komponen perangkat lunak (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan prinsip rekayasa perangkat lunak dalam pengembangan aplikasi visual untuk memastikan kualitas dan skalabilitas (C3)
  • Mahasiswa mampu menganalisis dan mengimplementasikan teknik pemrograman berorientasi objek dalam pengembangan aplikasi visual (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas kode dan desain antarmuka dalam aplikasi visual yang dikembangkan (C5)
  • Mahasiswa mampu menciptakan solusi pemrograman visual yang mengatasi masalah spesifik dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan teknik debugging dan testing untuk memastikan aplikasi visual berjalan dengan baik dan bebas dari bug (C3)
  • Mahasiswa mampu menganalisis feedback pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi visual yang dikembangkan (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Tujuan akhir dari perkuliahan dan materi yang akan dibahas Menguasai konsep pemrograman visual Membedakan paradigma pemrograman yang ada
    • Date  4 September 2024

  • Pertemuan 2
    Pembuatan form aplikasi menggunakan visual programming
    • Date  11 September 2024

  • Pertemuan 3
    Penggunaan komponen control dalam visual programming
    • Date  18 September 2024

  • Pertemuan 4
    Penggunaan komponen control dalam visual programming
    • Date  25 September 2024

  • Pertemuan 5
    Penggunaan dialog atau form dialog pada program
    • Date  2 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Penggunaan dialog atau form dialog pada program
    • Date  9 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Penggunaan Menu, Toolbar, dan status bar pada program
    • Date  16 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  23 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Penggunaan komponen control-control lanjut dalam visual programming
    • Date  30 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Penggunaan komponen control-control lanjut dalam visual programming
    • Date  6 November 2024

  • Pertemuan 11
    Penggunaan Windows Form dan WPF pada Visual Programming
    • Date  13 November 2024

  • Pertemuan 12
    Penggunaan Windows Form dan WPF pada Visual Programming
    • Date  20 November 2024

  • Pertemuan 13
    Penggunaan komponen ADO.NET dan ODBC untuk mengakses data. Menggunakan komponen data Binding
    • Date  27 November 2024

  • Pertemuan 14
    Penggunaan komponen ADO.NET dan ODBC untuk mengakses data. Menggunakan komponen data Binding
    • Date  4 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Penggunaan Datareader dan Dataset untuk menampilkan data dari database
    • Date  11 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Dapat membuat aplikasi penjualan menggunakan database
    • Date  3 Januari 2025

Dosen

BAMBANG SUJATMIKO
BAMBANG SUJATMIKO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RIZKY BASATHA
RIZKY BASATHA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Teknologi Informasi
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10