•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Visual Programming

Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi UNESA

 
Card image

Course Description

This course teaches the basics of visual programming including visual programming concepts, objects, events, the basics of validation, integration and compilation along with simple applications in a programming environment.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar pemrograman visual dalam pengembangan aplikasi sederhana (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis dan memecah masalah dalam pengembangan aplikasi visual untuk menentukan komponen-komponen yang diperlukan (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi berbagai tools dan teknologi yang tersedia untuk pemrograman visual berdasarkan kebutuhan proyek (C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan aplikasi visual yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai komponen teknologi informasi (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan prinsip desain antarmuka pengguna yang baik dalam pengembangan aplikasi visual (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis feedback pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi visual yang dikembangkan (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih pola desain perangkat lunak yang sesuai untuk implementasi dalam proyek pemrograman visual (C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan dokumentasi teknis dan pengguna yang komprehensif untuk aplikasi yang dikembangkan (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan teknik pemrograman berorientasi objek dalam pengembangan aplikasi visual (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis kasus penggunaan aplikasi visual untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan lebih lanjut (C4)
  • Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar pemrograman visual dalam pembuatan aplikasi sederhana (C3)
  • Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan pengguna untuk mengembangkan antarmuka pengguna yang efektif dalam aplikasi visual (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memilih alat serta teknologi yang tepat untuk pengembangan aplikasi visual berdasarkan kriteria performa dan kegunaan (C5)
  • Mahasiswa mampu menciptakan aplikasi visual yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai komponen perangkat lunak (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan prinsip rekayasa perangkat lunak dalam pengembangan aplikasi visual untuk memastikan kualitas dan skalabilitas (C3)
  • Mahasiswa mampu menganalisis dan mengimplementasikan teknik pemrograman berorientasi objek dalam pengembangan aplikasi visual (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas kode dan desain antarmuka dalam aplikasi visual yang dikembangkan (C5)
  • Mahasiswa mampu menciptakan solusi pemrograman visual yang mengatasi masalah spesifik dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan teknik debugging dan testing untuk memastikan aplikasi visual berjalan dengan baik dan bebas dari bug (C3)
  • Mahasiswa mampu menganalisis feedback pengguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi visual yang dikembangkan (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Tujuan akhir dari perkuliahan dan materi yang akan dibahas Menguasai konsep pemrograman visual Membedakan paradigma pemrograman yang ada
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Pembuatan form aplikasi menggunakan visual programming
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Penggunaan komponen control dalam visual programming
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Penggunaan komponen control dalam visual programming
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Penggunaan dialog atau form dialog pada program
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Penggunaan dialog atau form dialog pada program
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Penggunaan Menu, Toolbar, dan status bar pada program
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Penggunaan komponen control-control lanjut dalam visual programming
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Penggunaan komponen control-control lanjut dalam visual programming
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Penggunaan Windows Form dan WPF pada Visual Programming
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Penggunaan Windows Form dan WPF pada Visual Programming
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Penggunaan komponen ADO.NET dan ODBC untuk mengakses data. Menggunakan komponen data Binding
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Penggunaan komponen ADO.NET dan ODBC untuk mengakses data. Menggunakan komponen data Binding
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Penggunaan Datareader dan Dataset untuk menampilkan data dari database
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Dapat membuat aplikasi penjualan menggunakan database
    • Date  3 Desember 2024

Lecturer

BAMBANG SUJATMIKO
BAMBANG SUJATMIKO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RIZKY BASATHA
RIZKY BASATHA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Teknologi Informasi
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10