•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Teori Belajar

Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar, dan pengaplikasiannya dalam pembelajarannya melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas.Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan diskusi, tugas proyek, dan refleksi.

CPMK

  • 1. Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK dalam rangka mencari dan mengelobarai berbagai konten yang berkaitan dengan teori moral
  • 2. Menguasai teori-teori moral klasik dan kontemporer serta teori perkembangan moral
  • 3. Mengambil keputusan strategis yang berkaitan teori moral untuk menyelesaikan kasus-kasus yang berkaitan dengan moral dan moralitas
  • 4. Memiliki sikap bertanggung jawab dalam menerapkan teori moral dan moralitas yang sesuai.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Memahami manfaat teori belajar bagi profesi guru
  • Pertemuan 2
    Menganalisis peran guru dalam teori belajar behavioristik yang dikemukakan oleh Torndike dan Pavlov pada pembelajaran PPKn
  • Pertemuan 3
    Menganalisis peran guru dalam teori belajar behavioristik yang dikemukakan oleh Gutrie dan Skinner pada pembelajaran PPKn
  • Pertemuan 4
    Menganalisis peran guru dalam teori perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Peaget pada pembelajaran PPKn
  • Pertemuan 5
    Menganalisis peran guru dalam teori belajar kognitif yang dikemukakan Peaget pada pembelajaran PPKn
  • Pertemuan 6
    Menganalisis peran guru dalam teori belajar konstruktivistik yang dikemukakan Brunner pada pembelajaran PPKn
  • Pertemuan 7
    Menganalisis peran guru dalam teori belajar konstruktivistik yang dikemukakan Vigotsky dalam pembelajaran PPKn
  • Pertemuan 8
    Mengukur SUB SPM Minggu ke-1 sd Minggu ke-7
  • Pertemuan 9
    Menganalisis peran guru dalam teori belajar humanisme yang dikemukakan C. Rogers pada pembelajaran PPKn
  • Pertemuan 10
    Menganalisis peran guru dalam teori belajar observasional (sosial) yang dikemukakan Bandura pada pembelajaran PPKn
  • Pertemuan 11
    Menganalisis karakteristik gaya belajar peserta didik
  • Pertemuan 12
    Membedakan belajar pengetahuan deklaratif, Prosedural, dan konsep
  • Pertemuan 13
    Menganalisis peran motivasi dalam pembelajaran
  • Pertemuan 14
    Menganalisis peran motivasi dalam pembelajaran
  • Pertemuan 15
    Merancang kegiatan yang mampu mengembangkan kemampuan peserta didik berpikir kritis dalam pembelajaran PPKn
  • Pertemuan 16

Dosen

OKSIANA JATININGSIH
OKSIANA JATININGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HARMANTO
HARMANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10