•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Evaluasi Proses dan Hasil Belajar PPKn

Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mempelajari dan pemahaman tentang peranan penilaian dalam pendidikan dan pembelajaran, berbagai macam penilaian sesuai kurikulum yang berlaku, penyusunan berbagai tipe soal yang baik beserta rubrik penilaiannya. Konsep dasar evaluasi, asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas dan kurikulum yang berlaku termasuk juga workshop pengembangan instrumen penilaian, beserta analisis butir soal baik secara manual menggunakan program excel serta penggunaan software butir soal. Acuan penilaian dan ketuntasan belajar, disajikan secara teoritis, melalui presentasi dan diskusi, studi kasus, serta tugas projek.

CPMK

  • Mahasiswa mampu memanfaatkan sumber belajar dan media berbasis teknologi dalam mengkaji penilaian proses dan hasil belajar, untuk melaksanakan penilaian pembelajaran yang objektif, otentik, dan edukatif
  • Mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep penilaian dan penerapannya untuk mengkaji persoalan-persoalan penilaian proses dan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn
  • Mahasiswa mampu membuat keputusan untuk menyelesaikan permasalahan penilaian proses dan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn.
  • Mahasiswa mampu bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran sendiri dan kelompok dalam pencapaian hasil pembelajaran yang optimal pada mata kuliah Penilaian Proses dan Hasil Belajar untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Membedakan konsep asesmen dan penilaian. Menjelaskan konsep-konsep dasar penilaian.
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Membedakan karakteristik taksonomi atau domain dalam Penilaian
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Membedakan karakteristik taksonomi dalam Penilaian
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Membedakan karakteristik taksonomi dalam Penilaian
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Membedakan penilaian otentik dan non-otentik
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Ciri-ciri penilaian berbasis HOTS
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Memilih jenis penilaian yang tepat dan mengembangkan perangkatnya untuk mengukur capaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Membedakan konsep pendekatan penilaian PAK dan PAN
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Merencanakan dan menyusun instrument penilaian yang tepat pada domain afektif sesuai dengan kurikulum Merdeka.
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Merencanakan dan menyusun instrument penilaian yang tepat pada domain afektif sesuai dengan kurikulum Merdeka.
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Merencanakan dan menyusun instrument penilaian pada domain afektif sesuai dengan kurikulum PPKn Merdeka
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Merencanakan dan menyusun instrument penilaian pada domain afektif sesuai dengan kurikulum PPKn Merdeka
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Menyusun instrumen penilaian Kognitif.
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Menganalisis tes buatan guru
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    • Date  19 Desember 2024

Dosen

RIANDA USMI
RIANDA USMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

OKSIANA JATININGSIH
OKSIANA JATININGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HARMANTO
HARMANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
  • Semester3
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10