•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Evaluation of Learning Processes and Outcomes Civics

Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan UNESA

 
Card image

Course Description

This course studies and understands the role of assessment in education and learning, various types of assessment according to the applicable curriculum, the preparation of various types of good questions and their assessment rubrics. The basic concepts of evaluation, authentic assessment, alternative and class-based assessment and the applicable curriculum include workshops on developing assessment instruments, along with analysis of test items both manually using the Excel program and using test item software. References for assessment and learning completeness are presented theoretically, through presentations and discussions, case studies, and project assignments.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu memanfaatkan sumber belajar dan media berbasis teknologi dalam mengkaji penilaian proses dan hasil belajar, untuk melaksanakan penilaian pembelajaran yang objektif, otentik, dan edukatif
  • Mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep penilaian dan penerapannya untuk mengkaji persoalan-persoalan penilaian proses dan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn
  • Mahasiswa mampu membuat keputusan untuk menyelesaikan permasalahan penilaian proses dan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn.
  • Mahasiswa mampu bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran sendiri dan kelompok dalam pencapaian hasil pembelajaran yang optimal pada mata kuliah Penilaian Proses dan Hasil Belajar untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Membedakan konsep asesmen dan penilaian. Menjelaskan konsep-konsep dasar penilaian.
    • Date  6 September 2024

  • Pertemuan 2
    Membedakan karakteristik taksonomi atau domain dalam Penilaian
    • Date  13 September 2024

  • Pertemuan 3
    Membedakan karakteristik taksonomi dalam Penilaian
    • Date  20 September 2024

  • Pertemuan 4
    Membedakan karakteristik taksonomi dalam Penilaian
    • Date  27 September 2024

  • Pertemuan 5
    Membedakan penilaian otentik dan non-otentik
    • Date  4 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Ciri-ciri penilaian berbasis HOTS
    • Date  11 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Memilih jenis penilaian yang tepat dan mengembangkan perangkatnya untuk mengukur capaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan
    • Date  18 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    • Date  25 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Membedakan konsep pendekatan penilaian PAK dan PAN
    • Date  1 November 2024

  • Pertemuan 10
    Merencanakan dan menyusun instrument penilaian yang tepat pada domain afektif sesuai dengan kurikulum Merdeka.
    • Date  8 November 2024

  • Pertemuan 11
    Merencanakan dan menyusun instrument penilaian yang tepat pada domain afektif sesuai dengan kurikulum Merdeka.
    • Date  15 November 2024

  • Pertemuan 12
    Merencanakan dan menyusun instrument penilaian pada domain afektif sesuai dengan kurikulum PPKn Merdeka
    • Date  22 November 2024

  • Pertemuan 13
    Merencanakan dan menyusun instrument penilaian pada domain afektif sesuai dengan kurikulum PPKn Merdeka
    • Date  29 November 2024

  • Pertemuan 14
    Menyusun instrumen penilaian Kognitif.
    • Date  6 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Menganalisis tes buatan guru
    • Date  13 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    • Date  20 Desember 2024

Lecturer

RIANDA USMI
RIANDA USMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HARMANTO
HARMANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

OKSIANA JATININGSIH
OKSIANA JATININGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
  • Semester3
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10