Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar; dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas.
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Teori belajar perilaku dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 3 September 2024
Pertemuan 2
Teori belajar perilaku dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 10 September 2024
Pertemuan 3
Teori belajar sosial dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 17 September 2024
Pertemuan 4
Teori Belajar Gestalt dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 24 September 2024
Pertemuan 5
Model pengolahan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaranMemahami model pengolahan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 1 Oktober 2024
Pertemuan 6
Model pengolahan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 8 Oktober 2024
Pertemuan 7
Model pengolahan informasi dan teori belajar kognitif, dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 15 Oktober 2024
Pertemuan 8
Ujian Tengah Semester (Materi Teori Pembelajaran Pertemuan pertama sd. Ketujuh (TB Pendahuluan, Behaviorisme,Sosial, Kognitif:Gestalt, Pemerosesan Informasi )
Date 22 Oktober 2024
Pertemuan 9
Teori-teori konstruktivis dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 29 Oktober 2024
Pertemuan 10
Teori-teori konstruktivis dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 5 November 2024
Pertemuan 11
Teori-teori konstruktivisme dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 12 November 2024
Pertemuan 12
Teori-teori motivasi dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 19 November 2024
Pertemuan 13
Teori-teori motivasi dan penerapannya dalam pembelajaran
Date 26 November 2024
Pertemuan 14
Teori-teori motivasi dan penerapan-nya dalam pembelajaran
Date 3 Desember 2024
Pertemuan 15
Teori belajar intelegensi ganda
Date 10 Desember 2024
Pertemuan 16
Ujian Akhir Semester 30% Materi Pertemuan 1-7 dan 70% Materi Pertemuan 9-15
Mata kuliah ini merupakan penerapan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis implementasi kurikulum sekolah/kompetensi keahlian, program semester, dan program tahunan secara kontekstual yang terdiri dari mengidentifikasi jenis
Memahami, dan mengkomunikasikan konsep dasar Ekologi tentang: ruang lingkup ekologi, prinsip dan konsep ekosistem, azas dan konsep energi, proses makan memakan, azas dan konsep daur
Kajian tentang model-model pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri