Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar bahasa pemrograman visual, bagaimana menggunakan tools dan software yang ada sehingga mampu mentransformasikan pembelajaran matematika berbasis digital dengan menghasilkan aplikasi media pembelajaran dan game edukasi yang baik. Desain visual dan tampilan grafis juga dikenalkan dalam mata kuliah ini dan diakhiri dengan project pembuatan aplikasi untuk pembelajaran Matematika
CPMK
Mampu memahami konsep pemrograman dan teknologi pendukungnya
Mampu merancang pembelajaran matematika yang menggunakan software pemrograman
Mampu membuat program aplikasi untuk pembelajaran matematika
Mampu menyelesaikan tugas dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Mengenal Algoritma, flowchart, dan pemrograman
Date 2 September 2024
Pertemuan 2
Mengenal konsep dasar pemrograman Python
Date 9 September 2024
Pertemuan 3
Mengenal kontrol program seleksi pada Python
Date 16 September 2024
Pertemuan 4
Kontrol program seleksi python
Date 23 September 2024
Pertemuan 5
Menyusun pemrograman GUI berbasis Python
Date 30 September 2024
Pertemuan 6
Pemrograman GUI berbasis Python
Date 7 Oktober 2024
Pertemuan 7
Mengenal pemrograman berbasis block
Date 14 Oktober 2024
Pertemuan 8
Merancang program AR/VR sederhana menggunakan block-based programming
Date 21 Oktober 2024
Pertemuan 9
Merancang flowchart aplikasi pembelajaran matematika
Date 28 Oktober 2024
Pertemuan 10
Merancang project aplikasi untuk pembelajaran matematika
Date 4 November 2024
Pertemuan 11
Project aplikasi untuk pembelajaran Matematika
Date 11 November 2024
Pertemuan 12
Project aplikasi untuk pembelajaran Matematika
Date 18 November 2024
Pertemuan 13
Project aplikasi untuk pembelajaran Matematika
Date 25 November 2024
Pertemuan 14
Cara pembuatan aplikasi pembelajaran matematika
Date 2 Desember 2024
Pertemuan 15
Aplikasi pembelajaran matematika
Date 9 Desember 2024
Pertemuan 16
Hasil akhir pengembangan proyek tugas akhir aplikasi untuk pembelajaran matematika
Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar bahasa pemrograman visual, bagaimana menggunakan tools dan software yang ada sehingga mampu mentransformasikan pembelajaran matematika berbasis digital dengan menghasilkan
Mengaji tentang konsep dasar pemodelan matematika, mengimplementasikan pemodelan dari fenomena kehidupan sehari-hari (bidang fisika, biologi, kimia, ekonomi, sosial) ke dalam model matematika di bidang, statistik,
Pengkajian fungsi, limit fungsi, kekontinuan fungsi, turunan fungsi dan aplikasinya, integral dan aplikasinya, serta matriks untuk menyelesaikan sistem persamaan linear.