Deskripsi Mata Kuliah
Matakuliah ini mengkaji pengertian dan ruang lingkup dari penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, dan penelitian pengembangan serta pembuatan proposal. Kajian disertai dengan teori dan aplikasi terkait dengan proses penelitian, masalah penelitian, landasan teoritis, hipotesis, sampel dan sampling, variabel penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan berbagai program analisis data berbasis software, disertai dengan review artikel penelitian kualitatif, kuantitatif, pengembangan. Matakuliah ini disajikan secara teori termasuk contoh desain penelitian inovatif berbasis kearifan lokal/bioecopreneur dan penugasan, terutama menghasilkan produk yang berupa proposal penelitian.
CPMK
- Menerapkan konsep dan teori dalam perancangan penelitian pendidikan biologi untuk mengatasi masalah nyata di lapangan (C3)
- Menganalisis data dan informasi dari hasil penelitian untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam pendidikan biologi (C4)
- Mengevaluasi efektivitas metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam studi pendidikan biologi berdasarkan kriteria ilmiah dan etika penelitian (C5)
- Menciptakan model penelitian inovatif yang mengintegrasikan teknologi dan pendekatan eduecopreneurship dalam pendidikan biologi (C6)
- Menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam mengelola tim penelitian untuk mencapai tujuan penelitian yang efektif dan efisien (C3)
- Menganalisis hasil penelitian untuk mengembangkan solusi pedagogis yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan biologi lokal dan global (C4)
- Mengevaluasi dampak intervensi pendidikan biologi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan outcome siswa (C5)
- Menciptakan alat evaluasi yang inovatif untuk mengukur efektivitas pembelajaran biologi yang berbasis penelitian (C6)
- Menerapkan etika penelitian dalam semua aspek perancangan dan pelaksanaan penelitian pendidikan biologi (C3)
- Menganalisis dan mengintegrasikan teori eduecopreneurship dalam desain penelitian untuk mengembangkan kemandirian masyarakat dalam konteks pendidikan biologi (C4)