Course Description
This course examines the meaning and scope of quantitative research, qualitative research, and development research and making proposals. The study is accompanied by theories and applications related to the research process, research problems, theoretical foundations, hypotheses, samples and sampling, research variables, research instruments, data collection techniques and data analysis using various software-based data analysis programs, accompanied by a review of qualitative research articles, quantitative, development. This course is presented theoretically including examples of innovative research designs based on local wisdom/bioecopreneurship and assignments, especially producing products in the form of research proposals.
Program Objectives (PO)
- Menerapkan konsep dan teori dalam perancangan penelitian pendidikan biologi untuk mengatasi masalah nyata di lapangan (C3)
- Menganalisis data dan informasi dari hasil penelitian untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam pendidikan biologi (C4)
- Mengevaluasi efektivitas metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam studi pendidikan biologi berdasarkan kriteria ilmiah dan etika penelitian (C5)
- Menciptakan model penelitian inovatif yang mengintegrasikan teknologi dan pendekatan eduecopreneurship dalam pendidikan biologi (C6)
- Menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam mengelola tim penelitian untuk mencapai tujuan penelitian yang efektif dan efisien (C3)
- Menganalisis hasil penelitian untuk mengembangkan solusi pedagogis yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan biologi lokal dan global (C4)
- Mengevaluasi dampak intervensi pendidikan biologi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan outcome siswa (C5)
- Menciptakan alat evaluasi yang inovatif untuk mengukur efektivitas pembelajaran biologi yang berbasis penelitian (C6)
- Menerapkan etika penelitian dalam semua aspek perancangan dan pelaksanaan penelitian pendidikan biologi (C3)
- Menganalisis dan mengintegrasikan teori eduecopreneurship dalam desain penelitian untuk mengembangkan kemandirian masyarakat dalam konteks pendidikan biologi (C4)