Mata kuliah ini mengkaji tentang Kurikulum 2022, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PBL dan PjBl, pengembangan asesmen dan keterampilan dasar mengajar melalui presentasi dan diskusi. Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching
CPMK
Mampu mewujudkan karakter mandiri dan jujur untuk mengembangkan kemampuan mengajar calon guru Biologi
Mampu mengambil keputusan tentang perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi pelajaran, dan karakteristik siswa.
Mampu memanfaatkan ICT untuk mendukung praktik microteaching dan peerteaching
Mampu menerapkan konsep pedagogi dalam penyusunan perencanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Paradigma, filosofi dan implementasi Kurikulum 2022
Date 5 Februari 2024
Pertemuan 2
Model PBL dan PjBl dalam perencanaan pembelajaran berbasis digital
Date 12 Februari 2024
Pertemuan 3
Keterampilan dasar mengajar
Date 19 Februari 2024
Pertemuan 4
Keterampilan dasar mengajar
Date 26 Februari 2024
Pertemuan 5
Pentingnya asesmen berkualifikasi HOTS
Date 4 Maret 2024
Pertemuan 6
Karakter mandiri untuk mengembangkan keterampilan mengajar
Date 11 Maret 2024
Pertemuan 7
Karakter mandiri untuk mengembangkan keterampilan mengajar
Date 18 Maret 2024
Pertemuan 8
Date 25 Maret 2024
Pertemuan 9
Karakter mandiri untuk mengembangkan keterampilan mengajar
Date 1 April 2024
Pertemuan 10
Karakter mandiri untuk mengembangkan keterampilan mengajar
Date 8 April 2024
Pertemuan 11
Karakter mandiri untuk mengembangkan keterampilan mengajar
Date 15 April 2024
Pertemuan 12
Karakter mandiri untuk mengembangkan keterampilan mengajar
Untuk membekali para calon guru dan tenaga kependidikan tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru
Mengaji tentang hakikat perencanaan pembelajaran, model perencanaan pembelajaran, komponen perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, silabus, KD, KI, indikator, dan tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, metode/pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,
Kajian Tentang Polimer Anorganik, Homopolimer, Heteropolimer, material berbasis Polisilika Alumina, Silika, Biomaterial (biomassa, kitin kitosan, asam humat), cara sintesis, karakterisasi material yang dihasilkan dan pengembangan