•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course PLP-Pengembangan Bahan Ajar

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah pengembangan bahan ajar merupakan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa peserta praktik mengajar untuk merancang dan mengembangkan bahan ajar. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bahan ajar. Hal-hal yang akn dibahas dalam mata kuliah ini diantaranya adalah peran dan jenis bahan ajar, baik bahan cetak, noncetak, maupun bahan ajar display, prosedur pengembangannya, cara pemanfaatannya dalam proses pembelajaran, serta cara-cara mengevaluasinya. Indikator mata kuliah ini adalah jika mahasiswa mampu mengembangkan bahan pembelajaran yang akan digunakannya dalam proses pembelajaran.

CPMK

  • Mahasiswa mampu merancang dan menyusun bahan ajar yang berorientasi pada pengembangan dimensi pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan perkembangan peserta didik siswa sekolah dasar.
  • Mahasiswa mampu menunjukan kinerja dalam pengembangan bahan ajar yang memiliki muatan ke-SD an.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mengenal konsep dasar penyusunan bahan ajar
  • Pertemuan 2
    Bekerja dalam tim maupun sendiri dalam menyusun bahan ajar
  • Pertemuan 3
    Persepsi tentang aturan, norma serta menjelaskan ruang lingkup mata kuliah pengembangan bahan ajar pendidikan non formal
  • Pertemuan 4
    Tujuan matakuliah, ruang lingkup matakuliah, kebijakan pelaksanaan perkuliahan, kebijakan penilaian hasil belajar, tugas yang harus diselesaikan, buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya
  • Pertemuan 5
    Tujuan matakuliah, ruang lingkup matakuliah, kebijakan pelaksanaan perkuliahan, kebijakan penilaian hasil belajar, tugas yang harus diselesaikan, buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya
  • Pertemuan 6
    Tujuan matakuliah, ruang lingkup matakuliah, kebijakan pelaksanaan perkuliahan, kebijakan penilaian hasil belajar, tugas yang harus diselesaikan, buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya
  • Pertemuan 7
    Tujuan matakuliah, ruang lingkup matakuliah, kebijakan pelaksanaan perkuliahan, kebijakan penilaian hasil belajar, tugas yang harus diselesaikan, buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya
  • Pertemuan 8
    Uji kompetensi
  • Pertemuan 9
    Ciri-ciri kurikulum dan program di Indonesia
  • Pertemuan 10
    Ciri-ciri kurikulum dan program di Indonesia
  • Pertemuan 11
    Ciri-ciri kurikulum dan program di Indonesia
  • Pertemuan 12
    Ciri-ciri kurikulum dan program di Indonesia
  • Pertemuan 13
    Ciri-ciri kurikulum dan program di Indonesia
  • Pertemuan 14
    Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan mahasiswa dapat: a. Menjelaskan pengertian Anatomi kurikulum b. Menjelaskan komponen-komponen kurikulum c. Mengidentifi-kasi anatomi dan komponen-komponen kurikulum dan program PLS
  • Pertemuan 15
    Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan mahasiswa dapat: a. Menjelaskan pengertian Anatomi kurikulum b. Menjelaskan komponen-komponen kurikulum c. Mengidentifi-kasi anatomi dan komponen-komponen kurikulum dan program PLS
  • Pertemuan 16
    Menyusun bahan ajar yang sesuai dengan sasaran pendidikan non formal

Dosen

FAURIS ZUHRI
FAURIS ZUHRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • Semester7
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10