•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pendidikan Inklusif

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Mata kuliah ini akan mengkaji secara mendalam tentang: Konsep dasar pendidikan inklusif; Filosofi, prinsip dasar dan regulasi; Keberagaman PDBK (karakteristik) (uu no 8 dissabilitas fisik, mental, intelektual); Kebijakan pelaksanaan pendidikan inklusif di Indonesia (regulasi, pedoman); Konsep dan Implementasi pendidikan inklusif di Indonesia (yang meliputi Sistem Penerimaan Peserta Didik, Identifikasi dan Asesment, Adaptasi kurikulum, Penyiapan perangkat Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian); Tata laksana pendidikan inklusif (8 prinsip dasar pendidikan); Sistem Dukungan Penyelenggaraan pendidikan Inklusif; Aksessibilitas dan Asistif technologi. Pembahasan implementasi pendidikan inklusif diperuntukkan bagi semua siswa di semua jenjang, jenis dan satuan pendidikan melalui pendekatan paradigma sosial PDBK dengan memasukkan nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia. Indikator keberhasilan mata kuliah ini adalah apabila mahasiswa memiliki pemahaman komprehensif mengenai pendidikan inklusi, memiliki daya toleransi yang baik terhadap masyarakat berkebutuhan khusus, serta mampu menyelaraskan program pendidikan inklusi pada program pendidikan non formal

CPMK

  • Memanfaatkan IPTEK sebagai alat bantu untuk memperoleh informasi terkait pendidikan inklusif dan mengkomunikasikannya.
  • Menguasai konsep pendidikan inklusif, dan implementasinya serta menyelesaikan masalah secara prosedural.
  • Mengambil keputusan dalam mengaplikasikan pemahaman terhadap peserta didik berkebutuhan khusus berdasarkan analisis informasi dan data hasil asesmen dalam memberikan alternatif penyelesaian permasalahan belajar di sekolah.
  • Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran yang dilaksanakan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep pendidikan inklusi
    • Date  7 Februari 2024
  • Pertemuan 2
    Landasan penyelenggaraan pendidikan inklusi
    • Date  14 Februari 2024
  • Pertemuan 3
    Prinsip penyelenggaraan pendidikan inklusi
    • Date  21 Februari 2024
  • Pertemuan 4
    Indeks inklusi
    • Date  28 Februari 2024
  • Pertemuan 5
    Pembudayaan Inklusi di Indonesia
    • Date  6 Maret 2024
  • Pertemuan 6
    Perkembangan Pendidikan Inklusi di Dunia
    • Date  13 Maret 2024
  • Pertemuan 7
    Karakteristik Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
    • Date  20 Maret 2024
  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester
    • Date  27 Maret 2024
  • Pertemuan 9
    Karakteristik Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
    • Date  3 April 2024
  • Pertemuan 10
    Identifikasi dan Asesmen Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
    • Date  10 April 2024
  • Pertemuan 11
    Planning Matrix untuk peserta didik berkebutuhan khusus
    • Date  17 April 2024
  • Pertemuan 12
    Program Pembelajaran Individual (PPI)
    • Date  24 April 2024
  • Pertemuan 13
    Adaptasi kurikulum di sekolah inklusi
    • Date  1 Mei 2024
  • Pertemuan 14
    Adaptasi kurikulum di sekolah inklusi
    • Date  8 Mei 2024
  • Pertemuan 15
    Penilaian bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusi
    • Date  15 Mei 2024
  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester
    • Date  22 Mei 2024

Pustaka

Dosen

MUHAMMAD NURUL ASHAR
MUHAMMAD NURUL ASHAR
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ASRI WIJIASTUTI
ASRI WIJIASTUTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10