•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course SENSORI DAN PERILAKU ANAK KESULITAN BELAJAR

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Untuk dapat menempuh mata sensori dn perilaku anak Kesulitan Belajar mahasiswa harus terlebih dahulu menyelesaikan mata kuliah prasyaratnya yakni mata kuliah Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Mata kuliah ini merupakan rangkain kelanjutan yang membekali mahasiswa pengetahuan serta keterampilan dalam menangani (mengajar) anak dengan kesulitan belajar spesifik di sekolah tak terkecuali sekolah inklusif dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi. Mahasiswa juga diharapkan mampu untuk menentukan intervensi yang sesuai dengan karakteristik khusus anak berkesulitan belajar yang sangat beragam dimana kondisi anak berkesulitan belajar satu dan yang lainnya akan berbeda-beda. Dengan mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki pemahaman yang tepat terkait dengan sensori dan perilaku anak yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak berkebsulitan belajar baik di jalur formal maupun di jalur non formal, sehinga target akhir mahasiswa memiliki bekal untuk dapat memberikan layanan kompensatoris yang sesuai untuk peserta didik berkesulitan belajar.

CPMK

  • Mampu merancang strategi intervensi anak kesulitan belajar

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kompetensi, deskripsi, materi mata kuliah sensori dan perilaku Anak Berkesulitan Belajar
    • Date  8 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    · Memahami hakikat intervensi anak berkesulitan belajar· Memahami ruang lingkup intervensi anak berkesulitan belajar
    • Date  15 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Merekonstruksi strategi mengajar anak dengan kesulitan membaca (Phonological processing problems)
    • Date  22 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Strategi mengajar siswa mengalami kesulitan berbicara Strategi mengajar siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis (lagguage processing problems)
    • Date  29 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Konsep penyusunan meteri intervensi khusus terhadap anak berkesulitan belajar membaca secara komprehensi meliputi, kelancaran membaca, mencocokkan bacaan, membaca reciprocal, pemetaan dan pengelompokan, membaca simbol grafik dan gambar konsep penyusunan materi intervensi terhadap anak berkesulitan berhitung yang terkait dengan materi : konsep angka dan bilangan, memahami soal cerita matematika, memahami informasi tabel, jam dan intrumen yang terkait dengan angka dan bilangan
    • Date  7 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Konsep penyusunan meteri intervensi khusus terhadap anak berkesulitan belajar membaca secara komprehensi meliputi, kelancaran membaca, mencocokkan bacaan, membaca reciprocal, pemetaan dan pengelompokan, membaca simbol grafik dan gambar konsep penyusunan materi intervensi terhadap anak berkesulitan berhitung yang terkait dengan materi : konsep angka dan bilangan, memahami soal cerita matematika, memahami informasi tabel, jam dan intrumen yang terkait dengan angka dan bilangan
    • Date  14 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Konsep penyusunan meteri intervensi khusus terhadap anak berkesulitan belajar membaca secara komprehensi meliputi, kelancaran membaca, mencocokkan bacaan, membaca reciprocal, pemetaan dan pengelompokan, membaca simbol grafik dan gambar konsep penyusunan materi intervensi terhadap anak berkesulitan berhitung yang terkait dengan materi : konsep angka dan bilangan, memahami soal cerita matematika, memahami informasi tabel, jam dan intrumen yang terkait dengan angka dan bilangan
    • Date  21 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Konsep penyusunan meteri intervensi khusus terhadap anak berkesulitan belajar membaca secara komprehensi meliputi, kelancaran membaca, mencocokkan bacaan, membaca reciprocal, pemetaan dan pengelompokan, membaca simbol grafik dan gambar konsep penyusunan materi intervensi terhadap anak berkesulitan berhitung yang terkait dengan materi : konsep angka dan bilangan, memahami soal cerita matematika, memahami informasi tabel, jam dan intrumen yang terkait dengan angka dan bilangan
    • Date  28 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Permasalah pemrosesan phonologi pada anak dengan kesulitan belajar kesulitan dalam penanaman konsep, termasuk di dalamnya memories difficultiesMahasisa memahami permaslahan kesalahan persepsi visual-spacial yang di alamai siswa berkesulitan belajar
    • Date  4 April 2024

  • Pertemuan 10
    Permasalah pemrosesan phonologi pada anak dengan kesulitan belajar kesulitan dalam penanaman konsep, termasuk di dalamnya memories difficultiesMahasisa memahami permaslahan kesalahan persepsi visual-spacial yang di alamai siswa berkesulitan belajar
    • Date  11 April 2024

  • Pertemuan 11
    Permasalah pemrosesan phonologi pada anak dengan kesulitan belajar kesulitan dalam penanaman konsep, termasuk di dalamnya memories difficultiesMahasisa memahami permaslahan kesalahan persepsi visual-spacial yang di alamai siswa berkesulitan belajar
    • Date  18 April 2024

  • Pertemuan 12
    Permasalah pemrosesan phonologi pada anak dengan kesulitan belajar kesulitan dalam penanaman konsep, termasuk di dalamnya memories difficultiesMahasisa memahami permaslahan kesalahan persepsi visual-spacial yang di alamai siswa berkesulitan belajar
    • Date  25 April 2024

  • Pertemuan 13
    Permasalah pemrosesan phonologi pada anak dengan kesulitan belajar kesulitan dalam penanaman konsep, termasuk di dalamnya memories difficultiesMahasisa memahami permaslahan kesalahan persepsi visual-spacial yang di alamai siswa berkesulitan belajar
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Permasalah pemrosesan phonologi pada anak dengan kesulitan belajar kesulitan dalam penanaman konsep, termasuk di dalamnya memories difficultiesMahasisa memahami permaslahan kesalahan persepsi visual-spacial yang di alamai siswa berkesulitan belajar
    • Date  9 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Permasalah pemrosesan phonologi pada anak dengan kesulitan belajar kesulitan dalam penanaman konsep, termasuk di dalamnya memories difficultiesMahasisa memahami permaslahan kesalahan persepsi visual-spacial yang di alamai siswa berkesulitan belajar
    • Date  16 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    • Date  23 Mei 2024

Dosen

IMA KURROTUN AININ
IMA KURROTUN AININ
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NI MADE MARLIN MINARSIH
NI MADE MARLIN MINARSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10