•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pembelajaran Matematika di SD

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan pembelajaran konsep bilangan cacah, bilangan bulat, bilangan pecahan, beserta operasi hitungnya, aljabar di Sekolah Dasar, pemodelan matematika sederhana, bilangan kuadrat dan akar kuadrat, pembelajaran geometri dan pengukuran yang meliputi bangun datar dan gabungannya, lingkaran, bangun ruang dan gabungannya, luas dan keliling bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang, pengukuran berat, panjang, waktu, kecepatan, debit, serta pembelajaran penyajian dan pengolahan data di Sekolah Dasar, Proses pembelajaran berbasis proyek kelompok terkait konsep pembelajaran matematika, baik secara individu maupun berkelompok, serta mendesain pembelajaran beradasarkan model pembelajaran, media, materi ajar beserta simulasinya. Evaluasi hasil belajar meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas mandiri, tugas kelompok dan aktivitas kelas.

CPMK

  • Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi matematika di Sekolah dasar meliputi konsep teori pembelajaran konsep bilangan dan operasi hitung di SD, aljabar di SD, pemodelan matematika sederhana, pembelajaran geometri dan pengukuran, serta pembelajaran pengolahan data di SD.
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematik, mengalisis, mengambil keputusan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan matematika.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep Pembelajaran pengenalan bilangan dan strategi menghitung di sekolah dasar
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Konsep Pembelajaran Bilangan cacah dan operasi hitung di sekolah dasar
    • Date  12 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Konsep Pembelajaran Bilangan bulat dan operasi hitung
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Konsep Pembelajaran Bilangan pecahan dan operasi hitung di sekolah dasar
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Konsep Pembelajaran aljabar di SD
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Konsep Pembelajaran pemodelan matematika sederhana di sekolah dasar
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Konsep Pembelajaran bilangan kuadrat dan akar kuadrat di sekolah dasar
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Konsep Pembelajaran Bangun datar dan gabungannya di sekolah dasar
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Konsep Pembelajaran lingkaran (unsur-unsur, luas dan keliling) di sekolah dasar
    • Date  8 April 2024

  • Pertemuan 11
    Konsep Pembelajaran Bangun ruang dan gabungannya (bangun ruang, jaring-jaring, gabungan bangun ruang) di sekolah dasar
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 12
    Konsep Pembelajaran luas dan keliling bangun datar di sekolah dasar
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 13
    Konsep Pembelajaran luas permukaan dan volume bangun ruang di sekolah dasar
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 14
    Konsep Pengukuran berat, panjang, waktu, kecepatan, debit di sekolah dasar
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Konsep Pembelajaran Penyajian dan Pengolahan Data Awal di sekolah dasar
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Pembelajaran matematika di SD secara daring (UAS)
    • Date  20 Mei 2024

Dosen

IKA RAHMAWATI
IKA RAHMAWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Semester4
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10