Mata kuliah ini didesain untuk membantu mahasiswa dalam memahami konsep dan metode penelitian kualitatif, tipe penelitian kualitatif, metode pengumpulan data, pengolahan dan analisis data kualitatif.
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Tata tertib perkuliahan, RPS MK, dan integritas akademik serta pentingnya metode penelitian kualitatif
Date 8 Februari 2024
Pertemuan 2
Dan menjelaskan tentang konsep dan karakteristik penelitian kualitatif serta perbedaanya dengan penelitian kuantitatif
Date 15 Februari 2024
Pertemuan 3
Dan menjelaskan tentang paradigma dan tahaptahap penelitian kualitati
Date 22 Februari 2024
Pertemuan 4
Dan menjelaskan tipe metode penelitian kualitatif
Date 29 Februari 2024
Pertemuan 5
Dan menjelaskan tipe metode penelitian kualitatif
Date 7 Maret 2024
Pertemuan 6
Dan menjelaskan tentang perumusan masalah, operasionalisasi dan konseptualisasi masalah
Date 14 Maret 2024
Pertemuan 7
Dan menjelaskan etika dalam penelitian kualitatif
Date 21 Maret 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 28 Maret 2024
Pertemuan 9
, menjelaskan dan menyusun metode pengumpulan data melalui wawancara
Date 4 April 2024
Pertemuan 10
, menjelaskan dan menyusun metode
Date 11 April 2024
Pertemuan 11
, menjelaskan dan menyusun metode pengumpulan data melalui studi dokumen
Date 18 April 2024
Pertemuan 12
, menjelaskan dan menyusun metode perekaman data kualitatif
Date 25 April 2024
Pertemuan 13
, menjelaskan dan menyusun metode pengolahan data kualitatif
Date 2 Mei 2024
Pertemuan 14
, menjelaskan dan menyusun metode analisis data kualitatif
Date 9 Mei 2024
Pertemuan 15
, menjelaskan dan menjalankan program komputer analisis data kualitatif NVIVO
Mengkaji berbagai konsep dasar desain dan pengembangan sistem pembelajaran, model-model sistem pembelajaran dan langkah-langkah pengembangan sistem pembelajaran serta praktek menyusun sistem pembelajaran
Matakuliah ini membahas tentang pengertian teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran, kawasan teknologi pendidikan dan pembelajaran, perspektif teknologi pendidikan, ilmu-ilmu yang menunjang teknologi pendidikan, sumber-sumber yang
Kajian tentang konsep dasar dan prinsip penilaian proses dan hasil pembelajaran, model-model penilaian program, pengembangan berbagai alat evaluasi dan pengujian kualitas alat evaluasi secara empiris,