•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep, teknik dan metode identifikasi kebutuhan dan sumber belajar bagi individu, lembaga dan masyarakat, serta pemanfaatannya untuk perencanaan program pendidikan non- formal yang ada di masyarakat. Perkuliahan dilakukan dengan memberikan penjelasan, diskusi, penugasan dan praktikum. indikator keberhasilan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan belajar masyarakat menyesuaikan dengan potensi yang ada pada masyarakat tersebut, kemudian mahasiswa mampu menyusun program pendidikan non formal yang sesuai. Identifikasi kebutuhan belajar masyarakat adalah proses untuk mengungkapkan dan memahami apa yang diperlukan oleh masyarakat dalam hal pengetahuan, keterampilan, atau informasi agar mereka bisa berkembang dan beradaptasi dalam lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya mereka. langkah-langkah dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar masyarakat adalah Observasi Langsung, Survei dan Wawancara, Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion), Analisis Data Sosial dan Ekonomi, Melibatkan Pemangku Kepentingan Lokal, Penilaian Kesenjangan Keterampilan (Skill Gap Analysis), Partisipasi Masyarakat, Identifikasi Akses dan Hambatan. Mahasiswa dilatih untuk melakukan tahap-tahap tersebut agar memudahkan mereka dalam menyusun program masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan. Metode penilaian pembelajaran dilakukan dengan partisipatif dan juga tes.

CPMK

  • Memahami dan menguasai teori dan konsep tentang identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar pada program Pendidikan Nonformal secara lengkap dan kontekstual sebagai aktualisasi dari prinsip-prinsip pembelajaran sepanjang hayat yang inovatif, kreatif, dan berkualitas.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah melalui pengembangan pengetahuan Pendidikan Nonformal berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  • Menguasai konsep dan prosedur pengembangan masyarakat melalui pendekatan pendidikan nonformal yang kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, melek teknologi informasi (TI), serta berintegritas dan berkarakter.
  • Mampu mengelola program Pendidikan Nonformal yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kewirausahaan sosial.a

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Beberapa pandangan teori tentang kebutuhan belajar
    • Date  29 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Konsep keinginan dan konsep kebutuhan
    • Date  5 September 2023

  • Pertemuan 3
    Beberapa pandangan landasan dan aspek-aspek tentang Identifikasi kebutuhan belajar PNF
    • Date  12 September 2023

  • Pertemuan 4
    Manfaat identifikasi kebutuhan belajar masyarakat
    • Date  19 September 2023

  • Pertemuan 5
    Sumber belajar dan sasaran program pembelajaran di masyarakat
    • Date  26 September 2023

  • Pertemuan 6
    Merancang teknik tingkat dasar identifikasi kebutuhan belajar masyarakat
    • Date  3 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Merancang teknik tingkat lanjut identifikasi kebutuhan belajar masyarakat
    • Date  10 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  17 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Langkah-langkah identifikasi dan penyusunan instrumen dasar
    • Date  24 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Teknik-teknik pengukuran kebutuhan belajar PNF dengan pendekatan PRA/ZOOP
    • Date  31 Oktober 2023

  • Pertemuan 11
    Metode pengukuran kebutuhan belajar PNF dengan pendekatan FGD
    • Date  7 November 2023

  • Pertemuan 12
    Mahaiswa mampu menyusun instrumen identifikasi kebutuhan
    • Date  14 November 2023

  • Pertemuan 13
    Mahasiwa dapat mengklasifikasikan prosedur dasar dalam melaksanakan identifikasi kebutuhan belajar di masyarakat
    • Date  21 November 2023

  • Pertemuan 14
    Coba intrumen identifikasi kepada sasaran calon sasaran program pembelajaran
    • Date  28 November 2023

  • Pertemuan 15
    Menyusun laporan hasil identifikasi kebutuhan belajar secara sistematis dan sesuai dengan data dan fakta di lapangan
    • Date  5 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    • Date  19 Desember 2023

Dosen

WIDYA NUSANTARA
WIDYA NUSANTARA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

I KETUT ATMAJA JOHNY ARTHA
I KETUT ATMAJA JOHNY ARTHA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10