Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep, teknik dan metode identifikasi kebutuhan dan sumber belajar bagi individu, lembaga dan masyarakat, serta pemanfaatannya untuk perencanaan program pendidikan non- formal yang ada di masyarakat. Perkuliahan dilakukan dengan memberikan penjelasan, diskusi, penugasan dan praktikum. indikator keberhasilan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan belajar masyarakat menyesuaikan dengan potensi yang ada pada masyarakat tersebut, kemudian mahasiswa mampu menyusun program pendidikan non formal yang sesuai.
Identifikasi kebutuhan belajar masyarakat adalah proses untuk mengungkapkan dan memahami apa yang diperlukan oleh masyarakat dalam hal pengetahuan, keterampilan, atau informasi agar mereka bisa berkembang dan beradaptasi dalam lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya mereka. langkah-langkah dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar masyarakat adalah Observasi Langsung, Survei dan Wawancara, Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion), Analisis Data Sosial dan Ekonomi, Melibatkan Pemangku Kepentingan Lokal, Penilaian Kesenjangan Keterampilan (Skill Gap Analysis), Partisipasi Masyarakat, Identifikasi Akses dan Hambatan. Mahasiswa dilatih untuk melakukan tahap-tahap tersebut agar memudahkan mereka dalam menyusun program masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan. Metode penilaian pembelajaran dilakukan dengan partisipatif dan juga tes.
CPMK
- Memahami dan menguasai teori dan konsep tentang identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar pada program Pendidikan Nonformal secara lengkap dan kontekstual sebagai aktualisasi dari prinsip-prinsip pembelajaran sepanjang hayat yang inovatif, kreatif, dan berkualitas.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah melalui pengembangan pengetahuan Pendidikan Nonformal berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Menguasai konsep dan prosedur pengembangan masyarakat melalui pendekatan pendidikan nonformal yang kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, melek teknologi informasi (TI), serta berintegritas dan berkarakter.
- Mampu mengelola program Pendidikan Nonformal yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kewirausahaan sosial.a