•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Identification of Learning Needs and Resources

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Course Description

This course provides an understanding of the concepts, techniques and methods of identifying learning needs and resources for individuals, institutions and society, as well as their use for planning non-formal education programs in society. Lectures are carried out by providing explanations, discussions, assignments and practicums. The indicator of success in this course is that students are able to identify and map the learning needs of society according to the potential that exists in that society, then students are able to develop appropriate non-formal education programs.

Program Objectives (PO)

  • Memahami dan menguasai teori dan konsep tentang identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar pada program Pendidikan Nonformal secara lengkap dan kontekstual sebagai aktualisasi dari prinsip-prinsip pembelajaran sepanjang hayat yang inovatif, kreatif, dan berkualitas.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah melalui pengembangan pengetahuan Pendidikan Nonformal berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  • Menguasai konsep dan prosedur pengembangan masyarakat melalui pendekatan pendidikan nonformal yang kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, melek teknologi informasi (TI), serta berintegritas dan berkarakter.
  • Mampu mengelola program Pendidikan Nonformal yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kewirausahaan sosial.a

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Beberapa pandangan teori tentang kebutuhan belajar
    • Date  29 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Konsep keinginan dan konsep kebutuhan
    • Date  5 September 2023

  • Pertemuan 3
    Beberapa pandangan landasan dan aspek-aspek tentang Identifikasi kebutuhan belajar PNF
    • Date  12 September 2023

  • Pertemuan 4
    Manfaat identifikasi kebutuhan belajar masyarakat
    • Date  19 September 2023

  • Pertemuan 5
    Sumber belajar dan sasaran program pembelajaran di masyarakat
    • Date  26 September 2023

  • Pertemuan 6
    Merancang teknik tingkat dasar identifikasi kebutuhan belajar masyarakat
    • Date  3 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Merancang teknik tingkat lanjut identifikasi kebutuhan belajar masyarakat
    • Date  10 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  17 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Langkah-langkah identifikasi dan penyusunan instrumen dasar
    • Date  24 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Teknik-teknik pengukuran kebutuhan belajar PNF dengan pendekatan PRA/ZOOP
    • Date  31 Oktober 2023

  • Pertemuan 11
    Metode pengukuran kebutuhan belajar PNF dengan pendekatan FGD
    • Date  7 November 2023

  • Pertemuan 12
    Mahaiswa mampu menyusun instrumen identifikasi kebutuhan
    • Date  14 November 2023

  • Pertemuan 13
    Mahasiwa dapat mengklasifikasikan prosedur dasar dalam melaksanakan identifikasi kebutuhan belajar di masyarakat
    • Date  21 November 2023

  • Pertemuan 14
    Coba intrumen identifikasi kepada sasaran calon sasaran program pembelajaran
    • Date  28 November 2023

  • Pertemuan 15
    Menyusun laporan hasil identifikasi kebutuhan belajar secara sistematis dan sesuai dengan data dan fakta di lapangan
    • Date  5 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    • Date  19 Desember 2023

Lecturer

WIDYA NUSANTARA
WIDYA NUSANTARA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

I KETUT ATMAJA JOHNY ARTHA
I KETUT ATMAJA JOHNY ARTHA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10