Matakuliah ini membahas tentang pengertian tujuan, fungsi, dan berbagai pendekatan/model yang dipakai, serta hambatan yang sering dijumpai dalam praktek kegiatan evaluasi program pendidikan
CPMK
Mahasiswa mampu menerapkan keilmuan Teknologi Pendidikan sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran, Analis Pendidikan dan Pelatihan, dengan melaksanakan evaluasi pada program.
Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan penelitian secara mandiri atau kelompok untuk memberikan solusi alternatif permasalahan di bidang teknologi pendidikan, dengan melakukan evaluasi pada program pendidikan.
Mahasiswa mampu menghasilkan outcome dalam bentuk kinerja dan komitmen yang tinggi sebagai tugas sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran, Analis Pendidikan dan Pelatihan yang berkaitan dengan evaluasi program.
Mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab serta sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam mengevaluasi program sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis kebutuhan pendidikan.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep penilaian berbasis kelas
Date 28 Agustus 2023
Pertemuan 2
Konsep penilaian berbasis kelas
Date 4 September 2023
Pertemuan 3
Konsep dasar model evaluasi program
Date 11 September 2023
Pertemuan 4
Model evaluasi Kirkpatrick
Date 18 September 2023
Pertemuan 5
Model evaluasi Countenance Stake
Date 25 September 2023
Pertemuan 6
Model evaluasi CSE-UCLA
Date 2 Oktober 2023
Pertemuan 7
Model evaluasi Dicrepancy
Date 9 Oktober 2023
Pertemuan 8
Ujian Sub Sumatif (UTS)
Date 16 Oktober 2023
Pertemuan 9
Model evaluasi sesuai dengan karakteristik program
Date 23 Oktober 2023
Pertemuan 10
Model evaluasi CIPPO
Date 30 Oktober 2023
Pertemuan 11
Evaluasi model sesuai program yang dievalusikan
Date 6 November 2023
Pertemuan 12
Evaluasi model sesuai program yang dievalusikan
Date 13 November 2023
Pertemuan 13
Evaluasi model sesuai program yang dievalusikan
Date 20 November 2023
Pertemuan 14
Mempresentasikan hasil evaluasi program dengan menggunakan model yang sesuai
Date 27 November 2023
Pertemuan 15
Mempresentasikan hasil evaluasi program dengan menggunakan model yang sesuai
Mengkaji tentang metodologi penelitian untuk menentukan tema penelitian dan menyusun rancangan penelitian berdasarkan pada teknik penulisan karya ilmiah. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, laporan
Matakuliah ini membahas tentang pengertian, ruang lingkup dan sejarah psikologi sosial, metode penelitian psikologi sosial, persepsi sosial, atribusi sosial, kognisi sosial, identitas diri dan sosial,
Mengkaji tentang hakikat kurikulum PAUD; Analisis Kurikulum PAUD; Berbagai pendekatan PAUD; Model-model kurikulum PAUD; Kerangka pengembangan kurikulum; dan Merancang pengembangan kurikulum PAUD; Penyusunan Kurikulum Operasional