•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Melalui mata kuliah media pembelajaran anak berkebutuhan khusus ini diharapkan mahasiswa berpotensi memahami hakekat, karakteristik, macam-macam, dan manfaat media pembelajaran secara umum. Mengkaji berbagai jenis dan masalah dalam pemilihan serta pengembangan media pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus sesuai dengan kondisi ABK. Mampu menganalisis dan membuat produk media pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus

CPMK

  • . 1. Mengetahui dan memahami tentang langkah-langkah Pembelajaran Berbasisi Proyek 2. Menguasai konsep, hakekat, karakteristik, macam-macam, dan manfaat media pembelajaran secara umum 3. Menguasai konsep, hakekat, karakteristik, macam-macam, dan manfaat media pembelajaran secara umum 4. Mengkaji berbagai jenis dan masalah dalam pemilihan serta penggunaan media pembelajaran anak berkebutuhan khusus 5. Mengidentifikasikan permasalahan penggunaan media pembelajaran anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaaran 6. Menyusun rancangan penelitian sederhana untuk mengaplikasikan dalam penentuan kerja proyek. 7. Menggali informasi tentang permasalahan penggunaan media pembelajaran anak berkebutuhan khusus di lapangan. 8. Menganalisis dan menyimpulkan permasalahan media pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. 9. Membuat produk pengembangan media pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus. 10. Mengevaluasi dan memproyeksikan hasil kerja proyek sebagai bentuk pengembangan media pembelajaran ABK.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mengetahui dan memahami tentang langkah-langkah Pembelajaran Berbasisi Proyek
  • Pertemuan 2
    Memahami karakteristik Pembelajaran berbasis proyek
  • Pertemuan 3
    Membuat resume dari berbagai literatur tentang hakikat anak berkebutuhan khusus, serta permasalahan dalam belajar ABK.
  • Pertemuan 4
    · Mengetahui melalui kegiatan observasi ke sekolah khusus dan atau sekolah inklusif terkait karakteristik anak berkebutuhan khusus, Membuat resume dari berbagai literatur tentang klasifikasi, karakteristik, permasalahan dan kebutuhan belajar anak berkebutuhan khusus
  • Pertemuan 5
    · Menemukan ide terkait media pembelajaran yang sesuai bagi anak berkebutuhan khusus Menyusun makalah tentang spesifikasi media pembelajaran anak berkebutuhan khusus
  • Pertemuan 6
    · Menemukan ide terkait media pembelajaran yang sesuai bagi anak berkebutuhan khusus - Menyusun makalah tentang spesifikasi media pembelajaran anak berkebutuhan khusus
  • Pertemuan 7
    · Membentuk kelompok kerja terkait pembuatan desain produk media pembelajaran anak berkebutuhan khusus - Menyusun rencana kerja proyek produk media pembelajaran secara berkelompok
  • Pertemuan 8
    · Membentuk kelompok kerja terkait pembuatan desain produk media pembelajaran anak berkebutuhan khusus Menyusun rencana kerja proyek produk media pembelajaran secara berkelompok
  • Pertemuan 9
    · Memilih jenis anak berkebutuhan khusus yang dijadikan subyek dari produk media pembelajaran yang akan dibuat Mendiskusikan secara berkelompok tentang konsep hasil karya media pembelajaran anak berkebutuhan khusus
  • Pertemuan 10
    · Memilih jenis anak berkebutuhan khusus yang dijadikan subyek dari produk media pembelajaran yang akan dibuat Mendiskusikan secara berkelompok tentang konsep hasil karya media pembelajaran anak berkebutuhan khusus
  • Pertemuan 11
    · Membuat produk media pembelajaran sesuai dengan karakteristik subjek · Uji coba terbatas produk media pembelajaran kepada subjek yang telah dipilih Mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi (termasuk hasil masukan/ide/gagasan rekan sejawat/referensi) dan memberikan ide dalam pembuatan media pembelajaran anak berkebutuhan khusus
  • Pertemuan 12
    · Membuat produk media pembelajaran sesuai dengan karakteristik subjek · Uji coba terbatas produk media pembelajaran kepada subjek yang telah dipilih Mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi (termasuk hasil masukan/ide/gagasan rekan sejawat/referensi) dan memberikan ide dalam pembuatan media pembelajaran anak berkebutuhan khusus
  • Pertemuan 13
    · Membuat produk media pembelajaran sesuai dengan karakteristik subjek · Uji coba terbatas produk media pembelajaran kepada subjek yang telah dipilih Mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi (termasuk hasil masukan/ide/gagasan rekan sejawat/referensi) dan memberikan ide dalam pembuatan media pembelajaran anak berkebutuhan khusus
  • Pertemuan 14
    Presentasi laporan hasil pembuatan produk media pembelajaran dan evaluasi
  • Pertemuan 15
    Presentasi laporan hasil pembuatan produk media pembelajaran dan evaluasi
  • Pertemuan 16
    Evaluasi Akhir Semester

Dosen

NI MADE MARLIN MINARSIH
NI MADE MARLIN MINARSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WAGINO
WAGINO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10