Deskripsi Mata Kuliah
Mengkaji konseling komunitas di abad 21, sejarah konseling komunitas, pandangan dan acuan konseling, asesmen, pendekatan dengan orientasi hukum masyarakat, penanganan klien marginal dan tersisihkan, teknik intervenvensi dalam pengembangan konseling komunitas, contoh-contoh advokasi, advokasi komunitas usaha, advokasi pemberdayaan perempuan, konsep konseling komunitas dalam setting sekolah, perencanaan program konseling komunitas, pelaksanaan program konseling komunitas, kepemimpinan dan supervisi konseling komunitas, evaluasi program konseling komunitas, kompetensi konselor konseling komunitas
CPMK
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir
- Mampu menerapkan konseling komunitas perspektif multikultural dalam pelayanan bimbingan dan konseling dengan mempertimbangkan karakteristik budaya peserta layanan sebagai upaya aktif untuk meningkatkan pemahaman dan kepekaan terhadap budaya konseli.
- Mampu merancang dan melaksanakan program bimbingan dan konseling pada jalur pendidikan formal dan non formal meliputi: di PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, Perguruan Tinggi, Lembaga Kursus, keluarga, Anak Berkebutuhan Khusus, panti asuhan, asrama, rumah sakit, dan pusat-pusat rehabilitasi.
- Mampu mengimplementasikan keilmuan inti BK dan landasan keilmuan pendukung BK dalam berbagai bentuk kegiatan training Bimbingan dan Konseling pada latar pendidikan formal, non formal, dan lembaga-lembaga komunitas, sehingga peserta layanan mampu berkembang menjadi pribadi sehat dan optimal.
- Menguasai konsep dan teori bimbingan dan konseling yang relevan digunakan untuk membantu peserta layanan dalam setting pendidikan formal dan non formal.
- Menguasai konsep-konsep keilmuan inti BK dan landasan keilmuan pendukung BK yang diperlukan dalam mendesain dan menyelenggarakan berbagai bentuk kegiatan training Bimbingan dan Konseling pada latar pendidikan formal, non formal, dan lembaga-lembaga komunitas, sehingga peserta layanan mampu berkembang menjadi pribadi sehat dan optimal.