Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang Hakikat AUD, Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Prinsip PAUD, Pendekatan dalam PAUD, Pemikiran Tokoh, Teori Perkembangan AUD, Teori Bermain, Kecerdasan Jamak, Kurikulum PAUD, Model Pembelajaran PAUD, Steam dan Loose Part, Model Penyelenggaraan PAUD,serta best practice penyelenggaraan PAUD di Indonesia.
Perkuliahan dilakukan dengan pemaparan teori di kelas dan juga dengan observasi ke lembaga pendidikan anak usia dini yang berkualitas, untuk melihat secara langsung pengelolaan pendidikan serta implementasi teori dari mata kuliah ini.
Indikator keberhasilan dari mata kuliah ini adalah jika mahasiswa dapat memahami dengan baik pemaparan materi di kelas, mampu menguraikan teori dan menerapkannya ke dalam tugas-tugas yang diberikan, serta mahasiswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar materi seputar teori dan praktik pendidikan anak usia dini.
CPMK
- Memahami teori dan praktik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara utuh dan kontekstual dan kontekstual, sehingga mampu berperan sebagai pengelola PAUD yang inovatif, kreatif, dan berkualitas.
- Menguasai konsep dan prosedur pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, dan melek teknologi informasi (TI). melek teknologi informasi (TI)
- Mampu mengelola program Pendidikan Anak Usia Dini yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kewirausahaan sosial
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah melalui pengembangan keilmuan Pendidikan Nonformal berdasarkan hasil analisis informasi dan data analisis informasi dan data.