•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Filsafat ilmu Pendidikan Dasar

Program Studi S3 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat pendidikan, filsafat pendidikan dasar, dan konseptualisasi serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi pendidikan, karakteristik dan hakikat pendidikan dasar sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat.

CPMK

  • Mengembangkan pengetahuan untuk menjawab tiga pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi) atas Pendidikan Dasar sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif.
  • Mengubah paradigma berpikir yang selama ini ada untuk membantu memecahkan secara mendalam (melalui pendekatan inter atau multidisipliner) setiap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya permasalahan terkait pendidikan dasar di Indonesia.
  • Mengelola dan mengembangkan metodologi riset berbasis pada nalar yang benar dan komprehensif, serta memanfaatkan logika ontologi mengenai ilmu pendidikan dasar dalam memperoleh pemahaman keilmuan (epistemologi) dengan target akhir sebuah kebijaksanaan atau kemaslahatan umat manusia (nilai aksiologi).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis ilmu pendidikan secara komprehensif (mendalam dan meluas). Definisi yang menjawab 3 pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi).
  • Pertemuan 2
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
  • Pertemuan 3
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
  • Pertemuan 4
    Menganalisis ontology pendidikan dasar
  • Pertemuan 5
    Membuat kajian 4 prinsip dasar (filosofis, sosiologis-antropologis, psikologis, dan pedagogis) dari pendidikan dasar.
  • Pertemuan 6
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
  • Pertemuan 7
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
  • Pertemuan 8
    UTSKemampuan Akhir: meliputi pertemuan 1-7
  • Pertemuan 9
    Mengevaluasi dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
  • Pertemuan 10
    Mengevaluasi dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
  • Pertemuan 11
    Mengevaluasi dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
  • Pertemuan 12
    Mengevaluasi dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
  • Pertemuan 13
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
  • Pertemuan 14
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
  • Pertemuan 15
    Menganalisis bukti keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat.
  • Pertemuan 16

Dosen

WAHONO WIDODO
WAHONO WIDODO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RUSIJONO
RUSIJONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10