•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mahasiswa tentang konsep perencanaan dan pengembangan instruksional, model-model pengembangan instruksional, peranan teori belajar dalam perencanaan, Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Tehnik Pembelajaran, media pembelajaran, LKPd, evaluasi pembelajaran, analisis kurikulum, serta implementasinya dalam pengembangan perangkat pembelajaran

CPMK

  • Memiliki kemampuan untuk menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada muatan lima bidang utama di sekolah dasar dengan menyesuaikan perkembangan peserta didik SD
  • Memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggungjawab.
  • Memiliki kemampuan untuk menganalisis, merekontruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.
  • Memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mendeskripsikian Hakikat pembelajaran Inovatif
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Mendeskripsikian Hakikat pembelajaran Inovatif
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Dan Mendesain Model Pembelajaran Inovatif
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Dan Mendesain Model Pembelajaran Inovatif
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Mendesain model-model pembelajaran Inovatif
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Mendesain model-model pembelajaran Inovatif
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Mendesain model-model pembelajaran Inovatif
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    1. Memecahkan permasalahan di sekolah dasar yang terkait dengan keterbatasan inovasi pada pembelajaran
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Perencanaan pembelajaran inovatif dalam bentuk modul ajar
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Perencanaan pembelajaran inovatif dalam bentuk LKPD dan Media Pembelajaran
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Bahan ajar dan assesmen pembelajaran inovatif
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Perangkat pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Memberi kesempatan pada setiap kelompok mempresentasikan desain produk yang dihasilkan yang berupa modul ajar dan video pembelajaran inovatif - Membimbing diskusi hasil presentasi desain produk - Mengevaluasi perangkat pembelajaran inovatif
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Memberi kesempatan pada setiap kelompok mempresentasikan desain produk yang dihasilkan yang berupa modul ajar dan video pembelajaran inovatif - Membimbing diskusi hasil presentasi desain produk - Mengevaluasi perangkat pembelajaran inovatif
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  19 Desember 2024

Pustaka

Dosen

IVO YULIANA
IVO YULIANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

FARIDA ISTIANAH
FARIDA ISTIANAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10