Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran, asesmen kecakapan hidup, instrumen asesmen, program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari yang sesuai jenis, karakteristik, kebutuhan masing-masing anak berkebutuhan khusus dan membuat program untuk mengembangkan kecakapan hidup sehari-hari dan mengatasi masalah berkaitan dengan kecakapan hidup ABK dan PDBK, srategi, online leraning, metode, media (digital dan non digital) serta teknologi asistif dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK, analisis tugas (task analysis), modeling, online learning dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK, pemecahan masalah kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK melalui produk atau karya ilmiah dalam bentuk artikel atau produk atau karya lain yang berkaitan dengan pemecahan masalah kecakapan hidup ABK dan PDBK, pembuatan produk berupa program dan praktek program berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK, rancangan wirausaha dan laporan praktek program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di masyarakat, sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK dan PDBK. Perkuliahan dilaksanakan dengan metode pembelajaran project based learning
CPMK
- Terampil memberikan layanan yang berkaitan dengan program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK
- Terampil berpikir logis untuk pemecahan masalah yang berkaitan dengan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain.
- Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis berkaitan dengan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK
- Menguasai dan mengkomunikasikan konsep teoritis dasar teori yang relevan dengan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari Anak Berkebutuhan Khusus