CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu mengaplikasikan konsep filsafat penelitian dan evaluasi pendidikan sehingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji untuk pengembangan sistem penilaian, evaluasi pendidikan, serta instrumen tes dan non-tes
CPL-6 Mampu mengembangkan sistem penilaian, instrumen penilaian, penelitian, evaluasi, serta mengembangkan psikometrika komputasi (pengukuran psikologis, algoritma dan model statistik, analisis big data psikologis, tes adaptif komputerisasi, CAT)
CPL-7 Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
CPMK
CPMK-1 CPMK - 1 Menganalisis berbagai model dan teori dalam Teori Tes Klasik untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam konteks psikometrika (C4)
CPMK-2 CPMK - 2 Mengevaluasi efektivitas berbagai instrumen penilaian dalam Teori Tes Klasik berdasarkan kriteria psikometrik yang ditetapkan (C5)
CPMK-3 CPMK - 3 Menciptakan instrumen penilaian baru yang mengintegrasikan prinsip-prinsip Teori Tes Klasik dengan pendekatan teknologi terkini (C6)
CPMK-4 CPMK - 4 Menganalisis data hasil tes untuk mengidentifikasi pola dan tren yang dapat meningkatkan pemahaman tentang efektivitas pendekatan penilaian (C4)
CPMK-5 (C4) CPMK - 5 Mengevaluasi dan mengkritisi studi-studi terkait Teori Tes Klasik untuk memperkuat dasar teoretis dan praktis dalam psikometrika (C5)
CPMK-6 CPMK - 6 Menciptakan metodologi penelitian yang inovatif dalam Teori Tes Klasik yang dapat diaplikasikan dalam penelitian psikometrika (C6)
CPMK-7 CPMK - 7 Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai pendekatan evaluasi untuk mengembangkan solusi yang komprehensif dalam penilaian pendidikan (C4)
CPMK-8 CPMK - 8 Mengevaluasi dampak implementasi Teori Tes Klasik terhadap hasil belajar dan pengajaran dalam berbagai setting pendidikan (C5)
CPMK-9 CPMK - 9 Menciptakan alat evaluasi yang adaptif dan inklusif yang memanfaatkan prinsip-prinsip Teori Tes Klasik untuk meningkatkan kualitas pendidikan (C6)
CPMK-10 CPMK - 10 Menganalisis interaksi antara teori tes dan aplikasi praktis untuk mengidentifikasi area perbaikan dalam praktik psikometrik (C4)