CPL-7 Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional
CPL-8 Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia
CPMK
CPMK-1 Menerapkan metode penelitian interdisiplin dalam pengembangan teori pendidikan sains untuk mengatasi isu-isu aktual (C3)
CPMK-2 Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai teori dari disiplin ilmu lain untuk memperkaya pemahaman dan aplikasi dalam pendidikan sains (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas metode riset transdisiplin dalam menghasilkan solusi inovatif untuk permasalahan pendidikan sains (C5)
CPMK-4 Menciptakan kerangka teoritis baru yang menggabungkan pendekatan multidisiplin dalam pendidikan sains (C6)
CPMK-5 Menerapkan teknik analisis data untuk memecahkan permasalahan kompleks dalam pendidikan sains (C3)
CPMK-6 Menganalisis dampak implementasi teori pendidikan sains terhadap praktik pendidikan di lapangan (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi keterkaitan antara hasil riset pendidikan sains dengan kebutuhan dan tantangan masyarakat kontemporer (C5)
CPMK-8 Menciptakan model pendidikan sains yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan sosial dan teknologi (C6)
CPMK-9 Menerapkan prinsip etika dalam penelitian ilmiah untuk memastikan integritas dan akuntabilitas hasil riset (C3)
CPMK-10 Menganalisis dan sintesis hasil penelitian untuk menghasilkan publikasi yang diakui di tingkat nasional dan internasional (C4)