Mata Kuliah ini bertujuan untuk menyusun karya penelitian dan presentasi secara terbatas bidang Pendidikan IPS sesuai dengan pilihan bidang spesialisasi sebagai pendukung penyelesaian tugas akhir.
CPL Program Studi pada MK
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-7 Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
CPL-8 Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas
CPL-11 Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
CPL-14 Menghasilkan teori/konsep baru ilmu pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai landasan ontologi, epistimologi, dan aksiologi pengembangan pendidikan ilmu- ilmu sosial melalui kepakaran riset interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, adaptif, kolaboratif, inklusif, serta berorientasi kewirausahaan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran Pendidikan Ekonomi, melalui kemampuan bekerja sama dalam tim, menghargai keberagaman ide, serta menghasilkan solusi inovatif untuk pengembangan proses belajar-mengajar dan penguatan literasi ekonomi bagi peserta didik.
CPMK-2 Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis konsep, teori, dan fenomena ekonomi serta implikasinya terhadap strategi pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan keputusan akademik yang tepat dan sesuai standar kompetensi kerja bidang Pendidikan Ekonomi.
CPMK-3 Mahasiswa mampu menemukan, merumuskan, atau mengembangkan teori, konsep, atau gagasan ilmiah baru dalam bidang Pendidikan Ekonomi melalui penelitian yang berbasis metodologi ilmiah dan berlandaskan nilai-nilai humaniora, sehingga memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ilmu, praktik pedagogik, dan inovasi kurikulum di bidang ekonomi.
CPMK-4 Mahasiswa mampu merancang peta jalan penelitian Pendidikan Ekonomi menggunakan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dengan menganalisis sasaran pokok penelitian, konteks sosial-ekonomi, serta konstelasi isu global dan nasional, sehingga mampu menjadi dasar pengembangan riset berkelanjutan dan berpengaruh pada praktik pendidikan dan kebijakan publik.