CPL-5 Menguasai filosofi dan metodologi pembelajaran pendidikan dasar untuk menghasilkan inovasi pembelajaran.
CPL-10 Mampu mengembangkan kurikulum pendidikan dasar yang inovatif serta responsif terhadap kebutuhan belajar, mengakomodasi kelebihan dan kekurangan peserta didik, dan kurikulum yang ramah kultur budaya, dengan memanfaatkan hasil penelitian, dalam bentuk karya ilmiah pendidikan dasar.
CPMK
CPMK-1 Menerapkan metodologi pembelajaran inovatif berdasarkan filosofi pendidikan dasar dalam konteks nyata (C3)
CPMK-2 Menganalisis keefektifan metode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan dasar untuk mengidentifikasi area perbaikan (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi hasil pembelajaran menggunakan kriteria dan standar yang telah ditetapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar (C5)
CPMK-4 Menciptakan strategi pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan spesifik peserta didik di pendidikan dasar (C6)
CPMK-5 Menerapkan hasil penelitian terkini untuk mengembangkan kurikulum pendidikan dasar yang responsif dan inovatif (C3)
CPMK-6 Menganalisis kelebihan dan kekurangan dalam kurikulum pendidikan dasar yang ada untuk mengintegrasikan perbaikan yang berbasis penelitian (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi implementasi kurikulum yang telah dikembangkan berdasarkan feedback dari peserta didik dan hasil belajar (C5)
CPMK-8 Menciptakan karya ilmiah yang mendokumentasikan proses dan hasil inovasi kurikulum pendidikan dasar (C6)
CPMK-9 Menganalisis dampak kultur budaya terhadap efektivitas kurikulum pendidikan dasar dan strategi pembelajaran (C4)
CPMK-10 Menciptakan metode evaluasi yang adaptif untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara holistik (C6)